Jokowi dan Dua Tokoh ini Masuk Daftar 50 Muslim Berpengaruh di Dunia

KalbarOnline.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) masuk daftar 50 Tokoh Muslim Berpengaruh di dunia untuk edisi 2021 versi themuslim500.com. Dilansir dari situs resminya pada Selasa (15/12), Jokowi berada di urutan ke-12. Sementara yang menempati posisi pertama adalah Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan.

Selain Presiden Jokowi, ada juga tokoh Indonesia yang masuk dalam daftar 50 tokoh muslim berpengaruh di dunia. Dia adalah Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Said Aqil Siroj dan Anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Watimpres) Habib Luthfi bin Yahya.

Baca Juga :  Aturan Perjalanan Selama Nataru: Bali Wajib PCR, Jawa Wajib Antigen

Menanggapi hal tersebut, Ketua PBNU Robikin Emhas mengaku bersyukur tiga tokoh Indonesia masuk dalam 50 Tokoh Muslim Berpengaruh di dunia tersebut. “Sebagai warga negara Indonesia saya turut bangga dan bersyukur atas prestasi yang dicapai oleh para pemimpin kita,” ujar Robikin kepada wartawan, Selasa (15/12).

Pengakuan dunia terhadap sosok Presiden Jokowi, Ketua Umum PBNU Said Aqil dan Habib Luthfi dalam kapasitasnya masing-masing sebagai muslim berpengaruh di dunia baginya tidak mengherankan. Menurut Robikin, peran ketiga sosok tersebut begitu berpengaruh hingga ke denyut nadi masyarakat muslim.

Baca Juga :  Datsun CROSS Lintasi Ragam Budaya dan Gaya Hidup di Yogyakarta

“Bagi saya, ada hal menarik dari ketiganya. Mereka semua bukan hanya memimpin masyarakat dengan jumlah penduduk muslim terbesar di dunia. Namun meraka sama-sama penganut Islam moderat dan toleran,” katanya.

Robikin mengatakan, tiga tokoh muslim Indonesia tersebut memiliki pandangan bahwa Islam bukan hanya berkutat tentang akidah dan syariah, tetapi juga peradaban. Islam adalah sebagai agama kemanusiaan.

“Jadi itu model penting yang memberi kontribusi signifikan bagi perdamaian dunia,” pungkasnya.

Comment