Ini Mobil Double Cabin Paling Tidak Aman di Dunia

KalbarOnline.com – Keluaran mobil terbaru saat ini bisa dipastikan sudah dilengkapi dengan fitur airbag yang mampu berfungsi untuk melindungi penumpang bila suatu saat terjadi kecelakaan. Dengan adanya fitur airbag pastinya akan menambah harga jual mobil.

Walaupun begitu di era sekarang ini ternyata masih ada produsen mobil yang tidak memberikan fitur keselamatan ini. Salah satunya adalah produsen otomotif asal Tiongkok yaitu China Great Wall Motors yang mengelurakan model Steed 5 Double Cabin.

Mobil ini dibuat untuk dijual untuk pasar di AfrikaSelatan yang pastinya harganya tidak bisa terlalu tinggi. Disisi lain di Afrika Selatan juga ada mobil-mobil mewah dengan balutan fitur canggih, seperti Ford Ranger.

Akan tetapi mobil merek Amerika ini sangat sedikit peminatnya karena harganya dinilai terlalu tinggi. Namun sebagai alternatif pilihan juga ada mobil yang mempunyai banderol murah salah satunya adalah Steed 5 Double Cabin dan mendapatkan izin untuk dijual di kawasan tersebut.

Baca Juga :  Menguak Toyota All New Corolla Cross Tentang Fitur dan Harganya

Sayangnya Steed 5 Double Cabin dalam hasil uji tabrak yang dilakukan Global NCAP, mempunyai status tidak aman untuk dikendarai. Pasalnya seperti dilansir dari laman Carbuzz, Steed 5 double cabin tersebut tak memperoleh bintang satupun saat menjalani uji tabrak belum lama ini.

Selain tidak adanya airbag, mobil ini juga mempunyai konstruksi yang bisa dikatakan memprihatinkan. Dalam uji tabrak, saat mobil menabrak pada kecepatan 67 km/jam dummy yang menjadi media pengujian kepalanya terpental ke setir. Meskipun tubuhnya terikat sabuk pengaman.

Baca Juga :  Gaikindo Siap Gelar Pameran Otomotif GJAW pada Januari 2021
Steed 5 Double Cabin saat lakukan uji tabrak. dok Global NCAP

Global NCAP telah melakukan analisis usai uji tabrak dan menemukan bahwa adanya deformasi pada kompartemen penumpang dan perputaran setir. Struktur mobil di bagian kaki juga disebut tak stabil. Mobil juga menunjukan hasil buruk untuk perlindungan terhadap anak-anak.

Maka tak salah kalau SUV Steed 5 Double Cabin mempunyai julukan sebagai mobil paling tidak aman di dunia. Padahal perkembangan teknologi di dunia otomotif sudah mulai maju, namun masih ada saja mobil yang tak menggunakan airbag hingga ABS.

Sebagai informasi di beberapa negara kawasan Amerika dan Eropa, mobil murah sekalipun sudah dilengkapi dengan fitur seperti airbag dan ABS.

Comment