Warisan Pelajaran Hidup Soetikno Tanoko

KalbarOnline.com – Suasana khidmat terasa di persemayaman Yayasan Adi Jasa VIP A kemarin (6/11). Keluarga dan kerabat memberikan penghormatan terakhir kepada Soetikno Tanoko.

Malam kembang menjadi rangkaian upacara sebelum jenazah pendiri PT Avia Avian atau Avian Brands itu diberangkatkan ke peristirahatan terakhir di Graha Paripurna Cakrawala Nongkojajar, Pasuruan, hari ini (7/11).

Keluarga juga melaksanakan co kong tik atau upacara penghormatan yang ditujukan kepada leluhur.

Kepergian Soetikno Tanoko pada Minggu (1/11) membuat seluruh keluarga merasa kehilangan. Di mata sang anak, Hermanto Tanoko, sebagaimana pemberitaan sebelumnya, sang ayah merupakan pribadi yang penuh kesederhanaan, gigih, selalu bersemangat, dan pekerja keras. Itulah yang kini juga dipedomani Hermanto dalam hidup.

Menurut Hermanto, ayahnya selalu menanamkan bahwa membangun sebuah keluarga bahagia adalah yang utama. Sebab, kesuksesan tidak bisa terwujud jika tidak ada dukungan dari keluarga. ’’Papa selalu bilang, jangan berbisnis semata-mata mencari uang. Karena berpikir asal dapat uang atau asal bisa profit, terus menghalalkan segala macam cara, itu tidak benar,’’ ujar Hermanto saat ditemui di persemayaman Yayasan Adi Jasa VIP A beberapa hari lalu.

Baca Juga :  Ngobras Bareng Mantan Wakapolri Nanan Soekarna Bahas Tantangan Polri

Pelajaran dari seorang Soetikno Tanoko terekam dalam buku otobiografi berjudul Treasured Heritage. Beragam nilai yang dimiliki Pak Tik, sapaan karib Soetikno Tanoko, ditulis di sana. Jika ada satu nilai yang dipegang teguh oleh Soetikno Tanoko, nilai itu adalah kejujuran. Menurut Pak Tik, orang jujur pasti memiliki banyak kawan.

Kawanlah yang mengantarkan setiap orang menjadi sukses. Dan, kawanlah yang dapat membuat hidup lebih indah. Kawan menjadi pendamping yang setia ketika kita menghadapi kesulitan hidup.

Dengan kawan kita bisa bekerja sama dalam hal apa pun. Termasuk mengembangkan modal dan memperbesar kemungkinan orang lain untuk menjadi sukses dalam usahanya. Karena itu, sikap jujurlah yang harus menjadi pedoman hidup bagi setiap orang. Sikap itulah yang diajarkan Pak Tik kepada keluarganya.

Baca Juga :  Bank Mandiri Siapkan Protokol Anti-Virus Corona

Ada nilai lain dari Pak Tik yang masih berkaitan dengan kejujuran. Yakni, kepercayaan. Dalam otobiografi tersebut, orang yang memiliki kejujuran pasti dipercaya orang lain. Di dalam hidup, mendapat kepercayaan dari orang lain amat penting. Percuma menjadi orang kaya dan sukses, tetapi tidak dipercaya. Bahkan, dalam buku tersebut ditegaskan, kekayaan dan kesuksesannya hanya sementara jika dia tidak dipercaya orang.

Menjaga kepercayaan juga sangat penting. Tidak hanya dalam bisnis, tetapi juga dalam kehidupan secara umum. ’’Jangan pernah mengkhianati kepercayaan.’’ Begitu pesan Pak Tik.

Ada satu perilaku yang patut dicontoh dari seorang Soetikno Tanoko. Yakni, saling membantu. Setiap orang memiliki kewajiban moral untuk membantu siapa pun meski dengan keterbatasan. Juga ada pelajaran lain, yaitu mengalah. Menurut Pak Tik, orang hidup tak selalu menang. Ada waktunya harus mundur dan mengalah. ’’Ingatlah bahwa mengalah tidak berarti kalah.’’

Saksikan video menarik berikut ini:

Comment