by

Daihatsu Tambah Fitur Canggih Buat Kendaraan Niaganya di Jepang

KalbarOnline.com – Kendaraan niaga biasanya tak banyak disematkan fitur-fitur canggih penunjang keselamatan berkendara oleh para pabrikan. Hal tersebut dilakukan untuk menjaga harga agar tetap terjangkau.

Hal itu juga kerap dilakukan para pabrikan otomotif di tanah air. Mobil-mobil atau kendaraan niaga yang beredar di Indonesia biasanya sangat minim fitur. Bahkan untuk urusan pendingin ruangan atau AC serta power steering saja kerap absen dari mobil yang disegmentasikan untuk kendaraan niaga.

Namun, hal itu tak berlaku di Jepang. Negara yang terkenal ketat dengan berbagai aturan dan regulasi termasuk keselamatan berkendara itu, membuat pabrikan otomotif tak main-main soal fitur keselamatan berkendara. Bahkan untuk sebuah kendaraan niaga.

Yang terbaru misalnya, Daihatsu Motor Co., Ltd. di Jepang kembali melakukan pembaruan pada sebagian fitur kendaraan niaganya melalui Hijet Truck, Hijet Cargo, dan Atrai Wagon. Kendaraan dengan pembaruan fitur ini telah dipasarkan secara nasional di Jepang pada 27 Agustus 2020 lalu.

Kendaraan niaga Hijet telah diluncurkan sejak 196o. Setelahnya, Hijet mendapat sambutan yang positif dari masyrakat di Jepang. Khususnya pelanggan yang bekerja di bidang industri seperti pertanian, konstruksi, transportasi, dan jasa. Tingginya permintaan serta popularitas mobil ini, membuatnya diproduksi lebih dari 7 Juta unit sejak diluncurkan pertama kali dan telah memasuki model generasi ke-10 hingga saat ini.

“Pada kendaraan Hijet Truck, mobil ini mendapat penyegaran dan desain ulang secara total pada September 2014 lalu. Pembaruan sebagian fiturnya pada Mei 2018 dengan menambahkan fitur baru seperti penghindar tabrakan terbaru,” ujar pihak Daihatsu melalui keterangan tertulisnya kepada KalbarOnline.com.

Fitur penghindar tabrakan terbaru yang diaplikasikan itu bernama Smart Assist III. Dengan hadirnya fitur tersebut menjadikan mobil niaga itu sebagai kendaraan niaga pertama yang tercanggih di kelasnya.

Lalu, pada Hijet Cargo, mobil ini juga disukai oleh pelanggan karena kemudahan dalam penggunaannya, terutama saat melakukan bongkar muat barang. Sedangkan untuk Atrai Wagon merupakan kendaraan berpenumpang yang berbasis Hijet Cargo. Mobil Ini memiliki fungsi yang serbaguna dan sering digunakan pada aktivitas yang bervariasi, mulai dari aktivitas sehari-hari, keperluan bisnis, hingga rekreasi.

Ketiga kendaraan ini, mulai dari Hijet Truck, Hijet Cargo, dan Atrai Wagon, tersedia dalam berbagai varian sesuai dengan tujuan penggunaan dan kebutuhan pelanggan. Pembaruan fitur keselamatan juga telah ditingkatkan pada ketiga model mobil yang dipasarkan di Jepang ini. Termasuk tingkat efisiensi bahan bakar telah diubah menjadi mode WLTC (Worldwide Harmonised Light Vehicle Test Cycle), sesuai dengan undang-undang dan peraturan yang berlaku setempat.

“Sejalan dengan slogan global Daihatsu, yakni Light you up, Daihatsu terus memberikan produk dan pelayanan terbaik dengan beragam kemudahan dan kenyamanan demi memenuhi kebutuhan pelanggan melalui kendaraan kompak,” tandas pihak Daihatsu.

Saksikan video menarik berikut ini:

Comment

News Feed