Situs DPR Sempat Diretas, Menkominfo Pastikan Sudah Ditangani

KalbarOnline.com – Website resmi DPR yang sempat diretas pada Kamis (8/10/2020) pagi saat ini sudah pulih kembali saat ini.

Menteri Komunikasi dan Informasi (Menkominfo) Johnny G Plate mengonfirmasi soal peretasan tersebut. Dia menyatakan bahwa peretasan tersebut dalam penanganan.

“Dalam penanganan dan Tim IT DPR RI sudah menurunkan situs yang di-hack tersebut,” kata Johnny G Plate mengutip Kompas.com, Kamis siang (8/10/2020).

Sebelumnya situs DPR yang beralamat www.dpr.go.id diretas dan videonya sempat viral di media sosial.

Baca Juga :  Tiga Anggota Partai Nasionalis Hindu India Tewas Ditembak di Kashmir

Video tersebut memperlihatkan halaman muka situs web DPR yang tulisannya diubah menjadi “Dewan Pengkhianat Rakyat”.

Padahal, DPR merupakan singkatan dari “Dewan Perwakilan Rakyat”.

Kejadian peretasan situs DPR ini dibenarkan oleh Sekjen DPR, Indra Iskandar. Menurutnya, benar ada upaya peretasan tersebut.

“Iya ada upaya itu” kata Indra Iskandar kepada wartawan, Kamis (8/10/2020).

Sebelumnya, sempat ramai juga soal munculnya penjualan Gedung DPR di sejumlah e-commerce dengan harga yang murah. Namun kini, postingan tersebut sudah diturunkan oleh masing-masing e-commerce.

Baca Juga :  Mobil Nopol ‘RI 1’ Terobos Mabes Polri, Pelaku Mengaku Anggota Ormas

Serangan terhadap DPR semakin meningkat, pasca disahkannya Omnibus Law UU Cipta Kerja pada Rapat Paripurna Senin (5/10/2020) lalu.

UU ini mendapatkan penolakan keras dari kalangan masyarakat, mulai dari buruh, mahasiswa, bahkan warganet. Aturan ini disebut-sebut dapat merugikan masyarakat terutama buruh. [rif]

Comment