Belum Sembuh Benar Dari Covid-19, Trump Balik ke Gedung Putih dan Copot Masker

KalbarOnline.com – Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump telah meninggalkan rumah sakit tempatnya menjalani perawatan selama beberapa hari akibat Covid-19 dan kembali ke Gedung Putih, Senin waktui setempat (5/10/2020).

Sebelum melepas helikopter Marine 1 yang mengantarnya pulang, Trump melepas maskernya, memasukkan ke kantung, dan memberi hormat di atas balkon ketika helikopter itu lepas landas dari pelataran Gedung Putih.

Pesaing Joe Biden pada pilpres 3 November mendatang itu tidak memakai kembali maskernya saat masuk Gedung Putih sementara seorang fotograper berada tepat di sampingnya.

Dokter Kepresidenan, dr Sean Conley, dikutip dari CNN pada Selasa, (6/10/2020) mengatakan, Trump cukup sehat untuk kembali ke Gedung Putih dan memenuhi semua syarat untuk keluar dari rumah sakit.

Baca Juga :  Viral Video ‘Ampun Bang Jago’ Merekam Saat Kudeta Militer di Myanmar

“Dia mungkin belum sepenuhnya sehat, tapi kondisinya saat ini mendukungnya untuk pulang dengan aman,” kata Sean.

Meski demikian, Presiden Partai Republik itu masih membawa virus corona, masih berpotensi menularkan ke orang lain, dan menurut pedoman dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) dia harus menjalani isolasi selama paling tidak 10 hari setelah diagnosis yang menyatakan positif, yang diumumkan Jumat lalu.

Baca Juga :  Imbas Partai Gelora Dukung Benyamin-Pilar, Suara PKS Berpotensi Terbelah

Beberapa jam sebelum keluar dari rumah sakit, Bukannya meminta warga AS agar lebih waspada terhadap virus ini, Trump malah berpesan agar rakyat tidak takut pada Covid-19.

“Jangan takut Covid. Jangan biarkan itu mendominasi hidup Anda, Kami telah mengembangkan, di bawah pemerintahan Trump, sejumlah pengetahuan dan obat yang sangat hebat. Saya merasa lebih baik dibanding 20 tahun yang lalu!” kicau Trump.

Tindakan dan cuitan yang dia sampaikan Trump itu makin memperkuat citranya sebagai orang yang sangat menyepelekan wabah Covid-19 dan risikonya. [rif]

Comment