by

Klaim Tangguh, Mobil Listrik VW ID.4 Bisa Tarik Beban Seberat 1,9 Ton

KalbarOnline.com – Volkswagen alias VW dijadwalkan segera merilis mobil listrik terbarunya yakni VW ID.4 dalam waktu dekat. Dikatakan peluncuran mobil listrik terbaru VW itu bakal digelar pada 23 September pekan depan.

Jelang peluncurannya, VW merilis beberapa teaser terkait mobil tersebut. Salah satu yang paling menarik yang ditunjukkan pabrikan otomotif Jerman itu untuk VW ID.4 adalah kemampuan atau performa mesinnya.

Ditetapkan untuk bergabung dengan ID.3 dalam keluarga VW serba listrik, ID.4 mengambil bentuk SUV dan menjanjikan akan lebih luas daripada saudaranya. Dalam video teaser yang dirilis secara resmi, VW telah mengonfirmasi bahwa mobil tersebut bahkan dapat menarik beban hingga 1.900 kg atau 1,9 ton.

Cukup tangguh? Tidak juga. Sebab mobil listrik dari Tesla yakni Tesla Model X lebih kuat dengan mampu menarik beban hingga 2.250 kg atau 2,2 ton lebih (4.960 lbs). Namun dengan angka segitu, VW dengan ID.4-nya cukup terhormat dengan mampu melampaui kapasitas derek Jaguar I-Pace yang sangat kecil yaitu 750 kg (1.653 lbs) saja.

VW perlahan-lahan merilis gambar dan sketsa baru ID.4 dalam beberapa minggu terakhir, tetapi berkat kebocoran dari Tiongkok, kami sudah tahu seperti apa produk jadinya. Tidak mengherankan, desainnya tetap sesuai dengan konsep asli VW ID Crozz dan mengikuti filosofi desain EV yang diperkenalkan VW dengan ID.3.

Akibatnya, ujung depan tidak memiliki gril tradisional dan sebagai gantinya terdapat intake di bagian bawah bumper depan. VW ID.4 juga memiliki overhang depan dan belakang pendek serta lampu depan dan lampu belakang LED.

Sedangkan untuk interiornya, ID.4 juga akan sangat mirip dengan ID.3. Bahkan, itu akan menampilkan roda kemudi yang sama, panel instrumen digital yang sama, dan layar sentuh pusat yang sama. Intinya, ID.4 adalah versi SUV dari ID.3. Sama seperti Tesla Model Y secara efektif merupakan versi SUV dari Model 3 dengan banyak bagian yang sama.

Saksikan video menarik berikut ini:

Comment

News Feed