Tampang Lunar Cruiser, Calon Mobil Penjelajah Bulan dari Toyota

KalbarOnline.com – Pada Maret lalu, Japan Aerospace Exploration Agency, atau JAXA, bekerja sama dengan Toyota dalam upayanya untuk mengirim manusia melakukan perjalanan ke bulan. Untuk mencapai tujuan tersebut, diperlukan kendaraan penjelajah bulan berteknologi cangguh untuk mengangkut awak wira-wiri di permukaan bulan.

Kendaraan penjelajah bulan dari Toyota yang sedang disiapkan bernama Lunar Cruiser. Bicara teknis, kendaraan ini dilaporkan akan menggunakan powertrain listrik sel bahan bakar, menawarkan jangkauan jelajah permukaan bulan total lebih dari 6.200 mil (10.000 km).

Baca Juga :  Pertengahan 2030, Jepang Bakal Larang Penjualan Mobil Bermesin Bensin

VP JAXA Koichi Wakata sebelumnya menyatakan bahwa agensinya ingin menempatkan penjelajah ke luar angkasa pada 2029 dengan misi eksplorasi ke bulan berlangsung pada 2030. Nama Lunar Cruiser dipilih karena rasa akrab yang ditawarkan kepada orang-orang yang terlibat dalam proyek tersebut, serta pengakuan yang akan didapatnya dari masyarakat umum berkat referensi SUV tangguh Toyota Land Cruiser.

Ilustrasi: Lunar Cruiser, calon kendaraan penjelajah bulan dari Toyota. (JAXA)

Lunar Cruiser sendiri nantinya harus mengatasi medan yang terdiri dari kawah, tebing, dan bukit serta menahan radiasi dan suhu yang jauh lebih keras dibanding di Bumi. Seperti bisa dilihat pada gambar, Lunar Cruiser membawa bentuk layaknya sebuah kapsul dengan enam buah roda.

Baca Juga :  Setelah Malaysia, Kini All New Honda City Meluncur di Filipina

Dilansir dari Carscoops, kendaraan penjelajah bulan dari Toyota ini berukuran panjang 236,2 inci (6 meter), tinggi 149,6 inci (3,8 meter), dengan ruang hidup 13 meter kubik dan akan dapat menampung dua orang dalam satu ruang secara normal, atau empat dalam situasi darurat. Toyota dan JAXA juga membahas kemungkinan menjelajah bulan bagi masyarakat yang dipelopori oleh Lunar Cruiser.

Comment