Diisukan Kesehatannya Memburuk, PM Shinzo Abe Check-up di Rumah Sakit

KalbarOnline.com – Perdana Menteri (PM) Jepang Shinzo Abe pada Senin (17/8) bertolak ke sebuah rumah sakit di Tokyo untuk melakukan pemeriksaan kesehatan, seperti diungkapkan oleh salah satu ajudannya di pemerintahan. Sebelumnya beredar rumor tentang kesehatan Abe yang memburuk.

Kyodo News melaporkan kunjungan Abe ke Rumah Sakit Universitas Keio di ibu kota Jepang itu dilakukan sehari setelah mantan menteri ekonomi Akira Amari mengatakan kepada sebuah program televisi bahwa sang perdana menteri perlu istirahat, mengisyaratkan Abe kemungkinan mengalami kelelahan.

Baca Juga :  Ledakan Mengguncang Riyadh, Diduga dari Rudal

Abe (65), yang masa jabatan pertamanya sebagai perdana menteri dimulai akhir September 2006, secara tiba-tiba mengundurkan diri dari jabatannya pada 2007 akibat kolitis ulseratif kronis, penyakit radang usus.

Namun sebelumnya pada bulan ini, juru bicara pemerintah Jepang, Kepala Sekretaris Kabinet Yoshihide Suga, membantah potensi masalah kesehatan yang mungkin dialami Abe, dengan mengatakan, “Saya menemui perdana menteri setiap hari, dan saya rasa dia tidak memiliki masalah kesehatan sama sekali karena dia menjalankan tugasnya dengan baik.”

Baca Juga :  Enggan Hadiri Pelantikan Biden, Trump Berniat Terbang ke Skotlandia

Seorang pejabat pemerintah yang mengetahui masalah tersebut pada Senin mengatakan perdana menteri sedang menjalani pemeriksaan kesehatan satu hari di rumah sakit yang berada di Tokyo. (Xinhua/Antara)

Comment