Donald Trump Umumkan Status Bencana Besar Corona di California

KalbarOnline.com– Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump menyetujui permohonan California terkait Deklarasi Bencana Besar guna meningkatkan upaya respons darurat Corona (Covid-19) di negara bagian terpadat di AS itu. Hal itu diungkapkan Gubernur California Gavin Newsom pada Minggu (22/3) seperti dilansir Antara.

Deklarasi tersebut diumumkan beberapa jam usai Newsom mengirim surat permohonan kepada Trump untuk memintanya mengumumkan hal itu sebagai respons atas penyebaran pandemi Corona.

“Pagi ini kami mengajukan permohonan kepada presiden untuk menyatakan Deklarasi Bencana Besar dan siang ini kami memperolehnya,” kata Newsom dalam sebuah pernyataan. “Deklarasi itu akan melengkapi perencanaan komprehensif kami atas lonjakan kasus Covid-19 di Negara Bagian California dan menyediakan sumber daya vital. Kami menghargai respons cepat dan kemitraan dari Gedung Putih,” tambahnya.

Baca Juga :  Indonesia Bisa Skakmat Dunia Lewat Batu Bara

Sang gubernur mencatat dalam suratnya bahwa “sayangnya, California terdampak COVID-19 secara tidak proporsional.”

“Selain California adalah rumah bagi hampir 40 juta orang, dan dengan sendirinya menimbulkan permasalahan logistik signifikan yang juga dihadapi oleh sejumlah negara bagian lain, California juga bermitra dengan pemerintah federal dalam sejumlah misi repatriasi yang sangat kompleks dan menantang, yang menjadikan sumber daya California terbatas dan berdampak pada sistem pengiriman layanan kesehatan di sana,” tulis Newsom dalam surat itu, seraya menambahkan bahwa korona terus menyebar pesat di California setiap harinya.

“Krisis ini berdampak luas terhadap keluarga, komunitas, dan di setiap sektor publik serta privat yang ada di California,” seperti dijelaskan Newsom.

Baca Juga :  KPK Tahan Mensos Juliari Batubara dan Anak Buahnya di Rutan Berbeda

Deklarasi Bencana Besar memungkinkan sejumlah program bantuan individu untuk memberikan pertolongan kepada mereka yang terdampak wabah dan mengurangi efek ekonominya, menurut sebuah pernyataan dari kantor Gubernur.

Deklarasi tersebut memungkinkan bantuan tambahan, tidak terbatas pada perawatan massal dan bantuan darurat, konseling krisis, manajemen kasus bencana, bantuan bencana untuk para pengangguran, pelayanan hukum saat bencana dan Program Bantuan Nutrisi Tambahan Bencana.

Newsom mengeluarkan perintah tetap di rumah pada pekan lalu, meminta semua warga California untuk berdiam diri di rumah kecuali keluar untuk hal-hal yang sangat mendesak. (*)

Comment