Jamin Stabilitas Harga Beras dan Gula, Bulog Gelar Operasi Pasar

KalbarOnline.com – Perum BULOG menggelar Operasi Pasar komoditas pangan di lima pasar di Jakarta guna menjamin stabilitas harga dan pasokan komoditas pangan.

Kegiatan tersebut dilaksanakan serentak di lima pasar utama di Jakarta yakni Pasar Kramat Jati (Jakarta Timur), Pasar Cempaka Putih (Jakarta Pusat), Pasar Mampang (Jakarta Selatan), Pasar Koja (Jakarta Utara) dan Pasar Tomang Barat (Jakarta Barat).

“Sebagai tindaklanjut dan arahan Pak Presiden tentang pelaksanaan dan pemantauan ketersediaan komoditas pangan di masyarakat, BULOG meggelar Operasi Pasar agar masyarakat betul-betul melihat sendiri dan menjadi tenang,” tutur Direktur Utama Perum BULOG, Budi Waseso, di Jakarta, Rabu (18/3/2020).

Pemerintah melalui Perum BULOG, sambung dia, melakukan optimalisasi kegiatan Operasi Pasar dalam rangka mencegah dan menangani terjadinya gejolak harga pangan khususnya terkait kekhawatiran di masyarakat akibat pandemi virus corona.

Baca Juga :  Ikut Deklarasikan KAMI, Gatot Nurmantyo Singgung Oligarki Kekuasaan Hingga Senjata Biologis

“Dalam operasi pasar ini BULOG menyiapkan kebutuhan pokok berupa beras, gula, minyak goreng dan tepung terigu dengan harga yang sangat terjangkau oleh masyarakat dan dengan kualitas produk yang bagus,” ucapnya.

Budi Waseso juga mengatakan bahwa pihaknya sudah mengeluarkan instruksi ke seluruh jajaran untuk menyiapkan stok beras, gula dan kebutuhan pangan lainnya yang menjadi tanggung jawab BULOG untuk bisa selalu tersedia di masyarakat.

“Tidak ada masalah, BULOG menjamin kebutuhan beras, gula dan pangan lainnya tersedia di masyarakat walau ada lonjakan permintaan yang tiba-tiba. BULOG akan menggunakan seluruh instrumen yang ada untuk menjamin ketersedian pangan tersebut,” jelasnya.

Baca Juga :  RI Catat 369 Kasus Corona & 32 Kematian, Erick Thohir Mulai Ubah Wisma Atlet Kemayoran

Dengan jumlah stok beras yang cukup besar sebanyak 1,5 juta ton BULOG memastikan pihaknya mampu mengatasi kebutuhan lonjakan harga yang tak terduga akibat pandemi virus corona maupun menghadapi Ramadhan dan Idul Fitri.

“Sehingga masyarakat tidak perlu khawatir terkait akan kebutuhan pangan sampai dengan mulainya musim panen raya nanti,” ungkapnya.

Disamping itu, Budi Waseso juga menegaskan bahwa pihaknya bersama Satgas Pangan juga memantau jika ada pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab yang melakukan penimbunan terhadap beberapa komoditas pangan. [rif]

Comment