Dengan Cara Diam-diam, Pasien Positif Korona Kabur Dari Ruang Isolasi

KalbarOnline.com – Kepanikan akut akibat positif virus Korona membuat seorang pasien di Rumah Sakit Umum Pusat Persahabatan (RSUP) berbuat nekat. Pasien berjenis kelamin perempuan itu kabur dari ruang isolasi RS itu. Beruntung petugas RS itu bergerak cepat. Pasien dijemput untuk dibawa lagu ke ruang isolasi RS tersebut.

Kaburnya pasien positif Korona itu diungkap pihak RS. Juru bicara RSUP Persahabatan Erlina Burhan mengatakan,  pasien yang kabur dari ruang isolasi itu kabur setelah sukses mengelabui petugas medis.

“Dia diam-diam keluar (ruang isolasi RSUP). Rupanya sudah ditunggu oleh keluarga. Kami tahunya pas dia sudah keluar,” katanya (13/3/2020).

Baca Juga :  Profil Yaqut Cholil Qoumas, Ketum GP Ansor Gantikan Purnawirawan TNI di Kementerian Agama

Peristiwa itu sebenarnya terjadi minggu lalu. Tetapi pihak RS itu baru diungkap hari ini. Dia mengungkapkan, peristiwa kaburnya pasien itu diketahui setelah petugas kesehatan RS itu melakukan pemeriksaan rutin di ruang isolasi. Betapa terkejutnya petugas mendapati pasien domisili Jakarta itu tak lagi ada di ruangan isolasinya. Hal itu membuat pihak RS panik. Mereka lalu bergerak cepat menjemput pasien dari rumahnya.

“Jadi memang ruang isolasi itu bukan seperti penjara yang dikunci pakai gembok. Ada pintu masuknya. Nah, begitu (petugas kesehatan) masuk, petugas meleng, dia keluar,” kata dia.

Baca Juga :  Denny Indrayana Resmi Dapat Dukungan Partai Gerindra Maju di Pilgub Kalsel

Kini, pasien itu memang telah dijemput. Pasien ruang isolasi itu telah kembali dalam penanganan intensif pihak RS. Pihak RS juga mengaku masih mendalami aktivitas pasien selama pelariannya.

“Nanti saya cek, apakah dia keluar dari RSUP ini dia dijemput dan dirawat di rumah sakit yang dekat dengan tempat tinggalnya atau gimana,” tutur dia.

Direktur Utama RSUP Persahabatan Rita Rigayah menegaskan penanganan pasien tertular virus korona mengikuti standar Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).[ab]

Comment