by

Dorong OPD Miliki Humas

Wujud Keterbukaan Informasi Publik

KalbarOnline, Pontianak – Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono mendorong Organisasi Perangkat Daerah (OPD) hingga kelurahan di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Pontianak mengoptimalkan fungsi bagian Hubungan Masyarakat (Humas). Semua OPD hingga kelurahan di lingkungan pemerintah Kota Pontianak harus bisa memberikan informasi yang benar kepada masyarakat.

Edi meminta seluruh ASN di lingkungan Pemkot Pontianak untuk merubah pola pikir karena saat ini masyarakat memiliki ekspektasi yang tinggi terhadap pemerintah. Sehingga jika ada kesalahan sedikit akan mudah menjadi viral.

“Kalau di Pemkot ada Humas Pemkot, maka di dinas dan badan harus memiliki humas hingga ke kelurahan,” ungkapnya saat melantik sejumlah pejabat struktural di Aula Sultan Syarif Abdurrahman, Jumat (28/2/2020).

Ia menyebutkan keberadaan humas di badan dan dinas sangat penting guna memberikan informasi kepada masyarakat. Sebab, di era keterbukaan informasi saat ini masyarakat memiliki harapan yang tinggi kepada pemerintah.

Dirinya mengatakan pada era saat ini pemerintah harus menyampaikan apa adanya kepada masyarakat. Informasi yang berimbang dan sebenarnya juga harus didapatkan kepada masyarakat.

“Informasi harus disikapi secara cerdas, supaya tidak menjadi informasi yang salah dan menyesatkan,” tukasnya.

Edi mengingatkan ASN di lingkungan Pemkot Pontianak untuk memberikan pelayanan yang optimal kepada masyarakat. Pelayanan yang cepat dan tepat juga harus diberikan kepada masyarakat.

ASN di lingkungan Pemkot Pontianak terutama di bagian pelayanan untuk bisa mengerti keadaan masyarakat. Menurutnya, masih ada sebagian masyarakat yang tidak mengerti menggunakan kemajuan teknologi. ASN ditakdirkan untuk melayani masyarakat sehingga di dalam melayani harus berpikir positif terhadap masyarakat.

“Jika masyarakat mendapatkan informasi yang tepat dan jelas, saya yakin mereka bisa menerima,” pungkasnya. (jim/prokopim)

Comment

News Feed