Safari Ramadhan di Masjid Al Mursalat, Wali Kota Pontianak Ajak Jemaah Makmurkan Masjid

KalbarOnline, Pontianak – Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono melaksanakan Safari Ramadhan di Masjid Al Mursalat, Perumnas I, Kelurahan Sungai Beliung, Kecamatan Pontianak Barat, Jumat (24/03/2023) subuh. Usai melaksanakan salat Subuh berjamaaah, Edi menyampaikan tausiyah kepada para jemaah yang hadir.

Dalam tausiyahnya, Edi mengajak jamaah untuk terus memakmurkan masjid dan memperbanyak ibadah. Sebab memakmurkan masjid merupakan tugas dan tanggung jawab umat muslim di lingkungan sekitar.

Menurut Edi, ada banyak cara untuk memakmurkan masjid, salah satunya dengan rutin melaksanakan salat berjemaah di masjid. Terlebih di bulan Ramadhan, segala amal ibadah yang dilakukan mendapat ganjaran pahala berlipat ganda.

Baca Juga :  Wawako Bahasan Harap Sinergitas NU Bantu Tangani Pandemi

“Dengan rutin melaksanakan ibadah seperti salat berjamaah lima waktu, salat tarawih, berdoa bersama, tadarus, iktikaf dan sebagainya,” ujarnya.

Ia menambahkan, masjid selain sebagai tempat ibadah umat Islam, juga dapat berfungsi untuk meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat melalui pemberdayaan ekonomi umat. Dirinya berharap agar keberadaan masjid-masjid tersebut bisa meningkatkan perekonomian masyarakat di lingkungan sekitar.

Baca Juga :  Pimpin Safari Ramadhan di Embaloh Hulu, Kapolres Kapuas Hulu Pesankan ini

“Misalnya di bulan Ramadhan ini, masjid-masjid membuka pasar juadah di halamannya, sehingga warga sekitar bisa menitipkan takjil-takjilnya dan mereka mendapat penghasilan,” tuturnya.

Dengan jumlah 340 masjid yang ada di Kota Pontianak, ia berharap antara masjid yang satu dengan lainnya tidak saling bersaing. Sebaliknya, seluruh masjid saling bersinergi menjadikan fungsi masjid untuk kebaikan.

“Kita juga akan meningkatkan kualitas masjid agar semakin baik,” ucap Edi. (Jau)

Comment