by

Pemkab Sintang Gembleng Pelajar SMP Soal Kepemimpinan

Latihan Dasar Kepemimpinan tingkat SMP

KalbarOnline, Sintang – Bupati Sintang diwakili Asisten III Sekretaris Daerah kabupaten Sintang Bidang  Administrasi Umum, Drs. Marcheus Afen, M.Si membuka pelatihan dasar kepemimpinan (LDK) tingkat sekolah menengah pertama (SMP) di Aula Cadika Sintang, Senin (15/10/2018) pagi.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Sekretaris Dinas Pendidikan Sintang, Kepala BNN Sintang, jajaran Polres Sintang beserta para Kepala Sekolah tingkat (SMP) se-Kabupaten Sintang.

Kegiatan ini mengusung tema ‘mempersiapkan peserta didik menjadi pemimpin masa depan yang cerdas, jujur serta berkarakter’.

Dalam sambutannya, Marcheus Afen mengimbau para peserta bahwa pemimpin adalah seorang yang memiliki kecakapan dan kelebihan sehingga mampu mempengaruhi orang lain untuk mencapai tujuan bersama.

“Fungsi utamanya adalah membantu kelompok untuk belajar memutuskan dan bekerja lebih efisen, yang dapat memberikan bantuan dan terciptanya iklim sosial yang baik dalam berorganisasi di lingkungan sekolah,” ujarnya.

“Kepemimpinan yang efektif ialah berpikir berdasarkan misi organisasi yang menegakan secara jelas aturan-aturan yang ada dalam organisasi, menyusun dan menjalankan tugas serta mengevaluasi kegiatan, mengatur waktu, sebagai penengah serta mediator dan berani mengambil keputusan,” tambahnya.

Marcheus Afen juga menyampaikan kriteria seorang pemimpin yaitu, komponen penting dan menentukan keberhasilan tersebut adalah pemimpin. Melalui organisasi, para pelajar berlatih dan dituntut untuk mampu bekerja sama dengan orang lain. Artinya, mampu dan tahu kapan saatnya menempatkan posisi dirinya sebagai individu dan kapan harus lebih mementingkan kepentingan organisasi demi kepentingan bersama.Berhasil atau tidaknya sebuah organisasi juga sangat ditentukan oleh berbagai komponen dalam sebuah organisasi.

Marcheus Afen juga menyampaikan kriteria seorang pemimpin yaitu mampu mengelola organisasi sebagai proses  memanfaatkan sumber daya organisasi, baik sumber daya manusia, maupun sumber daya lainnya.

“Memanfaatkan sumber daya organisasi membutuhkan rangkaian kegiatan kepemimpinan yang disiplin dan didasarkan pada ideal-ideal organisasi itu,” ucapnya.

Secara sistem apabila OSIS dipandang sebagai suatu sistem, berarti OSIS sebagai tempat kehidupan berkelompok siswa bekerjasama untuk mencapai tujuan bersama.Dalam hal ini OSIS dipandang sebagai suatu sistem, dimana sekumpulan parasiswa mengadakan koordinasi dalam upaya menciptakan satu organisasi yang mampu mencapai tujuan pembinaan kesiswaan di sekolah.

Sementara Yustinus selaku Sekretaris Dinas Pendidikan Sintang sekaligus ketua panitia penyelengara kegiatan pelatihan dasar kepemimpinan juga menyampaikan maksud dan tujuan kegiatan pelatihan dasar kepemimpinan ini kita laksanakan adalah meningkatkan dan memantapkan mutu kepemimpinan.

“Meningkatkan dan mengembankan serta meperluas wawasan  dalam melaksanakan tugas-tugas kepemimpinan, memberikan kesempatan belajar bagi peserta didik, mendorong, membimbing serta mengarahkan potensi kepemimpinan, memberikan tuntunan dan meningkatkan pola pikir, sikap dan prilaku, kepribadian, budi pekerti, sopan santun dan disiplin,” tukasnya.

Pelaksanaan kegiatan latihan dasar kepemimpinan pengurus OSIS SMP Kabupaten Sintang tahun 2018 dilaksanakan selama dua hari dari tanggal 15 dan 16 Oktober 2018, dengan jumlah peserta sebanyak 55 sekolah menengah pertama (SMP) di Kabupaten Sintang. (*/Sg)

Comment

Terbaru