by

Hadiri Bhaksos HUT TNI-73 di Perbatasan, Bupati Jarot: Sinergi Membangun Negeri

KalbarOnline, Sintang – Bupati Sintang, Jarot Winarno menghadiri kegiatan Bhakti Sosial dalam rangka HUT TNI ke-73 tahun 2018, yang berpusat di Dusun Belubu, Desa Nanga Bayan, Kecamatan Ketungau Hulu, Selasa (18/9/2018).

Kegiatan Bhakti Sosial tersebut dihadiri langsung oleh Panglima Kodam XII/Tpr, Mayjen TNI. Achmad Supriyadi, bersama empat Jenderal lainnya serta Komandan Korem 121/ABW Brigjen TNI. Bambang Ismawan, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sintang, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sintang serta Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Sintang.

Dalam sambutannya, Pangdam XII/Tpr, Mayjen TNI. Achmad Supriyadi mengatakan bahwa kegiatan bhakti sosial ini merupakan kegiatan TNI dalam rangka bersosialisasi bersama masyarakat.

“Kami ingin mendharma-bhaktikan bagi masyarakat terutama masyarakat di Dusun Belubu ini, karena saya sudah keliling Kalimantan Barat dan Kalimantan Tengah, tapi yang paling berkesan ada di Dusun Belubu ini,” kata Pangdam.

Pangdam menambahkan bahwa program bhakti sosial ini dilaksanakan beberapa kegiatan.

“Kami laksanakan pengobatan massal bagi masyarakat Desa Nanga Bayan dan daerah sekitarnya, memberikan bantuan kepada anak-anak sekolah dasar, karena anak-anak adalah generasi penerus bangsa, serta memberikan bantuan lainnya, saya bangga, karena ini merupakan salah satu program untuk memajukan bangsa,” tambahnya.

Masih kata Pangdam, TNI juga membantu dan mengawal Pemerintah dalam halnya membangun daerah dari pinggiran.

“Kita kawal dan menjaga pembangunan yang dilakukan pemerintah, seperti contohnya pembangunan jalan paralel, karena sesuai dengan nawacita Presiden Republik Indonesia membangun dari pinggiran, maka kita bantu dengan membuka akses jalan paralel perbatasan, agar keberhasilan pembangunan infrastruktur cepat selesai dan pembangunan semakin membaik,” tutur Pangdam.

Sementara Bupati Sintang, Jarot Winarno memberikan apresiasi kepada TNI telah menyelenggarakan kegiatan seperti bhakti sosial ini.

“Saya ucapkan terimakasih kepada Panglima Kodam XII/Tpr dan jajarannya, karena telah memberikan semangat bagi masyarakat perbatasan dengan program bhaksos ini, jadi masyarakat pun merasakan bahwa negara hadir di tengah-tengah masyarakat, saya berharap agar kegiatan ini dapat diselenggarakan setiap tahunnya,” kata Jarot.

Selain itu juga, Bupati Jarot menambahkan bahwa Pemerintah dan TNI saling bersinergi dalam membangun Negeri ini.

“Bahwa negara saat ini tidak melupakan masyarakat, terutama masyarakat di kawasan perbatasan, kami bersinergi sesuai dengan nawacita Presiden yaitu membangun dari pinggiran, jadi kami memberikan rasa merdeka kepada masyarakat didaerah pinggiran termasuk kawasan perbatasan ini,” tambahnya.

Kemudian, Kepala Desa Nanga Bayan, Runa mengucapkan terimakasih kepada TNI dan Pemerintah yang telah membantu dan hadir di tengah-tengah masyarakat. “Kami ucapkan terimakasih karena Dusun Belubu ini dulunya tidak dikenal oleh masyarakat banyak karena dulu akses menuju jalan ke sini masih sangat sulit, sementara saat ini sudah menjadi jalan paralel perbatasan, kami mengharapkan juga kepada Pemerintah kami disini membutuhkan adanya listrik,” tandasnya. (*/Sg)

Comment

News Feed