Pemkab Sintang Akan Upayakan Festinvest Kelam Masuk Dalam Kalender 100 Wonderful Events Indonesia

KalbarOnline, Sintang – Festival Investasi (Festinvest) Bukit Kelam 2018, secara resmi ditutup oleh Bupati Sintang, Jarot Winarno, di Terminal Kebong, Kecamatan Kelam Permai, Kabupaten Sintang, Selasa malam (17/7/2018).

Pada kesempatan tersebut hadir pula Duta Besar Kamboja, Kepala Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Provinsi Kalimantan Barat, dan beberapa tamu lainnya yang hadir dalam acara penutupan Festinvest Bukit Kelam 2018 ini.

Festinvest Bukit Kelam itu sendiri merupakan kegiatan yang diusung oleh Pemerintah Kabupaten Sintang untuk mempromosikan, mengembangkan potensi wisata yang ada di Kabupaten Sintang yang lebih dikenal dengan Bukit Kelam kepada para wisatawan lokal maupun mancanegara sehingga dibuatkanlah event Festinvest Bukit Kelam yang sudah dihelat mulai tanggal 14 Juli 2018 yang lalu.

“Kita melihat kesiapan masyarakat sangatlah matang, masyarakat gotong royong membersihkan jalan membersihkan halaman rumah, dan masyarakat juga tertib mengatur kegiatan permasalahan parkir kendaraan, ini merupakan suatu kesiapan Bukit Kelam menjadi objek wisata yang utama di Indonesia, tidak hanya di Kalbar saja, tetapi di Indonesia, saya ucapkan terimakasih kepada seluruh masyarakat yang ikut aktif dalam setiap kegiatan Festinvest Bukit Kelam 2018 ini,” kata Bupati Jarot.

Baca Juga :  Trakindo Dukung Pertumbuhan Industri di Kalimantan Barat

Bupati Jarot juga menegaskan bahwa potensi wisata Bukit Kelam ini patut dijaga dan dikembangkan bersama karena bukit kelam merupakan salah satu dari 3 bukit batu terbesar yang ada di dunia.

“Tadi kita telah melaksanakan forum bisnis, jadi sudah diidentifkasi ada beberapa hal yang dapat dikembangkan secara bersama, pertama Bukit Kelam sebagai sektor pariwisata harus kita kembangkan, kemudian Pemkab Sintang diminta untuk dapat secara proaktif mendaftarkan Bukit Kelam ini sebagai cagar budaya UNESCO, sebab batu ini hanya ada 3 saja di dunia, sehingga patutlah kita kembangkan bersama-sama,” sambung Jarot.

Selain itu, lanjut Bupati, Bukit Kelam juga telah masuk posisi lima besar dari 74 objek taman wisata terbaik yang diselenggarakan di Prambanan Yogyakarta.

“Jadi, Bukit Kelam ini kita ikutsertakan dalam festival taman nasional dan festival wisata alam, dan akhirnya Bukit kelam merebut posisi kelima terbaik se-Indonesia, tentu ini sangat luar biasa, jadi kita fikirkan bersama untuk terus menggarap, menyusun dengan seksama yang melibatkan masyarakat Kelam Permai dan pejabat pemerintahan desa maupun pemerintahan kecamatan,” lanjutnya.

Baca Juga :  Resmikan Fasilitas Sekolah Hutan Jerora SOC, Ini Kata Bupati Jarot

Orang nomor satu di Bumi Senentang ini juga mengatakan bahwa kegiatan Festival Investasi Bukit Kelam ini akan dilaksanakan setiap tahunnya. Bupati juga mengingatkan agar masyarakat setempat menjaga kebersihan kawasan Bukit Kelam.

“Jadi banyak sekali yang kita hasilkan untuk mengembangkan kawasan taman wisata Bukit Kelam ini menjadi tujuan utama dari turis di Indonesia, kita minta dari Jakarta bahwa festival investasi Kelam ini harus masuk dalam 100 kalender festival budaya (Kalender 100 Wonderful Events Indonesia), dan festival ini akan dilaksanakan setiap tahun, jadi makin tahun harus makin meriah, serta tetap jaga kebersihan kawasan Bukit Kelam ini, agar banyak wisatawan yang berkunjung ke tempat ini,” tandasnya.

Dalam penutupan Festinvest Bukit Kelam 2018 tersebut menghadirkan artis dari Ibukota yaitu Kuno Kini, kemudian menampilkan beberapa tarian-tarian adat budaya seperti tarian Dayak, tarian Melayu, dan tarian Tionghoa yang dimainkan oleh para pemuda-pemudi dari Kabupaten Sintang. (*/Sg)

Comment