Jadi Inspektur Upacara HUT Pramuka, Bupati: Jauhi Narkoba dan Tanamkan Dasa Dharma Pramuka

KalbarOnline, Sintang – Ratusan pelajar berkumpul di lapangan sepakbola depan Kodim 1205 Sintang, melaksanakan upacara peringatan Hari Ulang Tahun Pramuka yang ke-56 tahun 2017 tingkat Kabupaten Sintang, pada kesempatan tersebut Bupati Sintang didapuk menjadi Inspektur Upacara, Senin (14/8).

Saat Bupati Sintang memberikan amanat kepada ratusan para pelajar yang tetap khidmat melaksanakan upacaranya meski diguyur hujan, mengatakan bahwa peringatan HUT Pramuka ke-56 tahun 2017 ini harus memperteguh semangat, komitmen dan konsistensi dari seluruh pengiat dan aktivis pramuka, untuk mencetak kader-kader bangsa.

“Bukan hanya produktif, penuh optimisme, memiliki daya juang dan siap bersaing, melainkan juga menjadi sosok generasi berkarakter yang mencintai sesama, siap hidup dalam perbedaan, rela menolong, menjaga sopan santun dan berbudi pekerti luhur,” ujar Bupati.

Menurut Bupati, gerakan pramuka harus tetap konsisten dan fokus untuk mendidik kaum muda berkarakter melalui berbagai kegiatan yang sesuai dengan tantangan zaman generasi milenial.

“Sehingga mereka siap menjadi pemimpin terbaik bangsa dan juga pramuka harus menjadi rumah besar kita, yang menampung potensi besar, mimpi besar, visi-misi besar serta jumlah besar anggota pramuka Indonesia,” ungkap Bupati.

Bupati menambahkan bahwa saat ini zaman sudah memiliki tanda-tanda yang harus dihadapi untuk beradaptasi, seperti fenomena digitalisasi sebagai buah kemajuan teknologi informasi, yang didalamnya semakin canggih perangkat keras dan lunak serta pengembangan aplikasi yang berkontribusi positif dan juga negatif bagi kehidupan, dan yang kedua adalah fenomena bonus demografi yang dinikmati beberapa negara termasuk Indonesia.

“Bonus demografi adalah kondisi jumlah penduduk usia produktif yaitu usia 15-60 tahun sangat tinggi, sebagai fase penting yang harus kita manfaatkan sebaik mungkin, untuk akselerasi pembangunan dan daya saing bangsa. Bagi negara kita, puncak bonus demografi terjadi pada tahun 2045,” tambah Bupati Jarot.

BACA JUGA:  Sekda Sintang Buka FGD Perencanaan Kawasan Pemukiman Perbatasan

“Saya berpesan kepada seluruh anggota pramuka, untuk membentengi diri dari pengaruh-pengaruh luar yang tidak sesuai dengan nilai-nilai kepribadian bangsa Indonesia, tanamkan Dasa Dharma Pramuka dalam realitas keseharian kalian, timbahlah ilmu, kembangkan pengetahuan dan asah bakat dan talenta, serta jauhi narkoba dan hindari paham-paham radikal yang dapat memecah persatuan bangsa,” pesannya.

Di tempat terpisah, Ketua Kwartir Cabang Pramuka Sintang, H Junaidi mengatakan bahwa dengan usia pramuka yang sudah 56 tahun, kedepannya para anggota pramuka diharapkan dapat menjadi manusia yang berwatak luhur, bermental kuat, moral yang tinggi, berbudi pekerti, dan meningkatkan keyakinan beragamanya, sehingga mereka nantinya akan menjadi jiwa yang mandiri sebagai anggota pramuka dan dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Selain itu juga, Junaidi menjelaskan tujuan kegiatan dalam Kepramukaan sebagai organisasi bagi masyarakat untuk memenuhi kebutuhan masyarakat setempat, dan juga alat bagi organisasi untuk mencapai tujuan organisasinya.

“Jadi kegiatan kepramukaan yang diberikan sebagai latihan berkala dalam satuan pramuka itu sekedar alat saja, dan bukan tujuan pendidikannya,” ujarnya.

Usai melaksanakan kegiatan upacara HUT Pramuka, Bupati Sintang didampingi oleh Ketua DPRD Kabupaten Sintang meninjau tenda-tenda para peserta pramuka yang bertempat di Taman Bunggur depan Rumah Dinas Jabatan Bupati Sintang, dan para anggota pramuka siaga atau pelajar SD sangat senang ketika tenda mereka dikunjungi oleh orang nomor satu di Bumi Senentang ini. (Sg)

Comment