Mums, Sudah Tahu Belum Fakta Janin dalam Kandungan Berikut Ini?

Usia kehamilan sebenarnya dihitung dari Hari Pertama Haid Terakhir (HPHT), tepatnya sebelum kehamilan terjadi. Pada minggu pertama dan kedua, kehamilan belum terjadi. Kemungkinan pembuahan terjadi pada minggu 3 usia kehamilan. Embrio akan berkembang menjadi janin. Perkembangan janin akan dimulai pada sekitar minggu 8 kehamilan. Nah, kira-kira seperti apa sih perkembangan janin selama di dalam kandungan Mums ini? Yuk, cari tahu sejumlah fakta janin dalam kandungan berikut ini!

Baca juga : Kehamilan yang Baik Menurut dr. Boy Abidin

Fakta Janin dalam Kandungan

Janin disebut juga calon bayi. Calon bayi yang ada dalam kandungan Mums merupakan makhluk baru yang memiliki keunikan dan hidup di dalam perut seorang wanita. Janin yang berkembang di dalam rahim melakukan berbagai aktivitas yang mungkin tidak Mums kira sebelumnya, di antaranya adalah gerakan-gerakan janin. Saat janin bergerak, seakan-akan ia sedang menendang perut Mums. Hal ini menjadi salah satu titik perkembangan kehamilan yang istimewa. Selain itu, apa lagi sih fakta janin yang mungkin belum Mums ketahui? Berikut di antaranya:

1. Bayi mulai melatih alat indranya sejak dalam kandungan

– Janin telah menikmati sensasi rasa terutama aroma menyengat dan rasa manis.

– Janin juga bisa mendengar suara-suara organ tubuh Mums dan suara dari luar tubuh Mums. Janin bisa mencium bau yang sama seperti yang Mums cium.

– Di trimester kedua, janin sudah mulai peka terhadap rangsangan cahaya. Meskipun ia belum bisa melihat apa pun dan tinggal di dalam rahim yang gelap, janin mampu membedakan saat ada cahaya terang yang berasal dari luar tubuh Mums, lho.

Baca Juga :  Ibu Hamil Harus Jadi Prioritas

– Jika perut Mums disentuh di bagian bibir, janin akan melakukan gerakan membuka bibir. Selain itu, jika Mums menyentuh bagian telapak tangan janin, ia akan memberi reaksi berupa genggaman.

2. Gerakan-gerakan yang dilakukan janin

– Gerakan yang dibuat oleh janin bukan hanya tendangan. Janin juga melakukan gerakan lain seperti cegukan, jungkir balik, gerakan tangan, serta gerakan diafragma.

– Gerakan janin seperti tendangan normalnya akan terasa sekitar 15-20 kali dalam sehari.

Baca juga: Mums, Yuk Hitung Gerakan Si Kecil dalam Kandungan!

3. Organ tubuh mulai berfungsi sejak dalam kandungan

– Janin telah melewati fase penting dalam perkembangan tubuhnya pada usia kehamilan 10 minggu.

– Di usia kehamilan trimester pertama, janin sudah bisa buang air kecil. Namun, urin tersebut akan ia telan kembali melalui air ketuban dan berlanjut sampai ia lahir.

– Janin juga sudah bisa buang air besar. Biasanya feses akan dikeluarkan saat ia lahir. Namun, pada beberapa kasus, tinja bisa keluar dan membuat air ketuban menjadi kotor (biasanya terjadi pada ibu hamil yang stres).

– Saat lahir, mata bayi berukuran 75% dari ukuran matanya saat ia dewasa nanti.

– Janin akan mulai berlatih bernapas pada usia 27 minggu meski paru-paru janin belum bisa menghirup oksigen.

– Janin memiliki 300 tulang aktif yang tumbuh dan jumlah tersebut lebih banyak dari tulang manusia dewasa yang hanya memiliki 206 tulang.

4. Hal unik yang terjadi pada janin

– Janin dalam kandungan juga bisa menangis dan tertawa. Ekspresi sederhana itu merupakan cara janin untuk belajar menggerakan otot-otot wajah.

Baca Juga :  Dinkes Kalbar Distribusikan Obat-obatan ke Wilayah Terdampak Banjir

– Hanya 5% bayi yang lahir pada tanggal yang telah ditentukan (pada persalinan normal).

– Setiap manusia memiliki sidik jari yang unik dan berbeda-beda. Sidik jari ini ternyata mulai terbentuk sejak dalam masa kandungan, tepatnya usia kehamilan sekitar 12 minggu.

Nah, Mums itulah beberapa fakta janin yang ternyata sangat mengejutkan, ya. Semoga fakta-fakta di atas semakin membuat Mums yakin bahwa masa kehamilan merupakan suatu keajaiban. Oleh karena itu, pastikan untuk menjaga kehamilan Mums selalu dalam kondisi terbaik.

Hindari mengeluarkan kata-kata kasar, jaga ucapan yang keluar agar janin tidak mendapat stimulasi negatif dan justru menjadi stres. Alangkah lebih baik jika Mums dan Dads juga memberi rangsangan positif seperti musik, obrolan yang hangat, atau lantunan doa.

Tak hanya itu, karena janin mendapat asupan dari apa yang Mums makan, jadi konsumsilah makanan yang bergizi seimbang namun tetap dalam porsi yang tidak berlebihan. Penting juga untuk menjaga suasana hati dan pikiran Mums.

Gerakan-gerakan janin juga menjadi kunci perkembangan sang buah hati. Jika janin tidak bergerak dalam waktu yang lama meski sudah diberi rangsangan, segeralah periksakan ke dokter kandungan atau bidan. Bisa jadi hal itu merupakan tanda timbulnya masalah.

Baca juga : 5 Superfood untuk Ibu Hamil

Sumber:

Parenting First Cry. “5 Things You Didn’t Know Your Baby Could Do In The Womb“.

Romper. “10 Random Facts About Babies In The Womb That’ll Make You Look At Your Bump In A New Way“.

Comment