Bupati Sintang, dr. Jarot Winarno, M.Med.Ph Saat Menyampaikan Pndapatnya di Acara Sosialisiasi Kegiatan Program Kiat Guru –Rintisan Kinerja dan Akuntabilitas gGuru di Balai Praja Komplek Kantor Bupati Sintang (Foto: Sg/Hms)
Bupati Sintang, dr. Jarot Winarno, M.Med.Ph Saat Menyampaikan Pndapatnya di Acara Sosialisiasi Kegiatan Program Kiat Guru –Rintisan Kinerja dan Akuntabilitas gGuru di Balai Praja Komplek Kantor Bupati Sintang (Foto: Sg/Hms)

KalbarOnline, Sintang – Bupati Sintang, dr. Jarot Winarno, M.Med.Ph,membuka acara sosialisiasi kegiatan program kiat guru –rintisan kinerja dan akuntabilitas guru di Balai Praja Komplek Kantor Bupati Sintang, Selasa (15/11/2016).

Bupati menyampaikan bahwa pendidikan menjadi salah satu poin dalam visi pemerintah Kabupaten Sintang. “Cerdas itu bagian dari visi kita hingga tahun 2021,” katanya.

Bupati juga mengingatkan kegiatan rintisan ini sangat penting bagi Kabupaten Sintang. “kita berharap kegiatan rintisan ini juga di tambah dengan terobosan-terobosan baru di bidang pendidikan di Kabupaten Sintang,” ujarnya.

“masalah pendidikan kita, masih klasik, terkait dengan kekurangan tenaga guru dan kurang meratanya keberadaan guru di Kabupaten Sintang ini,” ungkap Bupati. “Guru kita masih banyak di kota, di kampung masih ada satu guru mengajar satu sekolah,” terangnya.

Bupati juga mengingatkan kepada para hadirin yang ada, impact dari kegiatan ini.”kita dengan karena boleh menjadi kabupaten percontohan berkenaan dengan program kiat guru ini,” kata dr. Jarot. “namun kita juga harus siap dengan komitmen bersama apabila feedback dari program ini hal-hal di luar kompetensi guru, misalnya rumah dinas, jalan ke tempat tugas,” kata bupati.

Pada kesempatan ini, ketua panitia kegiatan sekaligus Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sintang, Drs. Marchues Afen, M.Si. mengungkapkan bahwa kegiatan ini akan dilaksanakan di 7 kecamatan. “Yang menjadi peserta pada kegiatan program ini, ada kecamatan Ketungau Hilir, Ketungau Tengah, Ketungau Hulu, Kayan Hilir, Kayan Hulu, Sepauk dan Tempunak,” ungkap Kadis Dikbud Sintang tersebut.

Kegiatan program rintisan kiat guru ini di laksanakan pada tingkat sekolah dasar. “sekolah yang menjadi tempat pelaksanaan kegiatan ini, itu Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama yang ada,” ungkap Drs. Marchues Afen, M.Si.

Peserta kegiatan ini sebanyak 80 orang. Kegiatan yang ini bertujuan untuk menyiapkan langkah-langkah dan tindak lanjut mengenai payung regulasi untuk melaksanakan program rintisan kiat guru dan penguatan komitmen dan dukungan pemerintah terkait program rintisan kiat guru ini.

Camat Ketungau Hilir, Lunsa Balu menyambut baik kegiatan ini. “masyarakat menyambut baik kegiatan program rintisan kiat guru ini. Semua sudah kami siapkan sebaik mungkin,” katanya.

Turut hadir dalam kegiatan ini, perwakilan Kepala Bagian Hukum, Tata Laksana dan Kerjasama Sekretariat Direktorat Jendral Guru dan Tenaga Kependidikan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI, pejabat dari Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K) RI, perwakilan Departement of Foreign Affairs adn Trade (DFAT) Australia, sejumlah SKPD dan para camat serta para undangan. (Sg)

Print Friendly, PDF & Email

LEAVE A REPLY