KalbarOnline, Sintang – Perhatian kita pada sektor umkm dan koperasi harus semakin serius karena peranannya yang sangat stategis. umkm dan koperasi memiliki jumlah industri yang cukup besar dan tersebar di berbagai jenis usaha produktif. umkm dan koperasi juga memiliki potensi yang besar dalam penyerapan tenaga kerja sehingga membantu upaya mengurangi pengangguran. disaat yang sama, terbukti bahwa umkm dan koperasi mampu menjadi katup pengaman krisis sekaligus menjadi dinamisator pertumbuhan ekonomi pasca krisis ekonomi. maka dari itu, arah kebijakan pengembangan umkm dan koperasi harus terfokus pada menggabungkan pemanfaatan keunggulan lokal dan merebut peluang pasar global, yang ditopang prinsip kemitraan usaha, peningkatan kualitas sumber daya manusia serta manajemen pengelolaan yang berkualitas.

Hadirin yang saya hormati, …
Namun harus diakui, ada berbagai masalah pokok yang dihadapi oleh sebagian besar umkm dan koperasi, seperti rendahnya tingkat produktivitas, minimnya akses modal usaha, dan rendahnya kualitas produk. padahal di era globalisasi dan masyarakat ekonomi asean, salah satu tuntutan kepada umkm dan koperasi mampu menghasilkan produk yang sesuai standar kualitas, misalnya kualitas yaitu iso 9000 tentang isu kualitas, iso 14.000 tentang isu lingkungan, dan sebagainya, serta dapat menerapkan sertifikasi layanan. harus disadari bahwa standardisasi dan sertifikasi produk dan layanan umkm dan koperasi wajib disosialisasikan kepada pelaku umkm dan koperasi. selama ini, sebagian besar pelaku umkm dan koperasi kita belum memiliki kesadaran akan pentingnya penerapan standardisasi dan sertifikasi tersebut. akibatnya, pesaing-pesaing kita dari negara lain akan mudah meniru merek, bentuk produk atau kesamaan ciri khas lainnya dan masuk ke pasar kita.

Hadirin yang saya hormati, …
Pemerintah kabupaten sintang telah mencanangkan visi pembangunan daerah, yaitu terwujudnya masyarakat kabupaten sintang yang cerdas, sehat, maju, religius dan sejahtera didukung penerapan tata kelola pemerintahan yang baik dan bersih. diperlukan energi yang besar dari semua pemangku kepentingan untuk mewujudkan visi pembangunan tersebut. keberadaan dan kontribusi umkm dan koperasi, menjadi salah satu kekuatan yang diharapkan dapat memberikan kontribusi nyata dalam dua komponen visi sekaligus yaitu komponen masyarakt sintang yang maju dan sejahtera.

Saya sangat menyambut baik kegiatan launching sertifikat koperasi dan umkm di kabupaten sintang pada hari ini. ini bagian dari upaya terobosan dalam memperkuat peran umkm dan koperasi dalam pertumbuhan dan kemajuan ekonomi kabupaten sintang. pesan saya kepada pelaku umkm dan koperasi di kabupaten sintang, terus meningkatkan kualitas produk yang dihasilkan serta lindungilah produk tersebut melalui penerapan sertifikasi dan standar mutu yang ada. khusus kepada pihak bumn/bumd dan pihak perbankkan, saya mengajak untuk dapat menjadi mitra usaha, bukalah akses permodalan serta peningkatan skill kepada pelaku umkm dan koperasi sehingga mereka dapat menjadi pelaku ekonomi yang berdaya saing tinggi. (Sg)

Print Friendly, PDF & Email

LEAVE A REPLY