Peringati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Windy Gaungkan Gerakan Membawa Tumbler

KalbarOnline, Pontianak – Penjabat (Pj) Ketua TP PKK Provinsi Kalimantan Barat, Windy Prihastari mengucapkan selamat memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang setiap tahunnya jatuh pada tanggal 5 Juni.

Windy yang juga menjabat sebagai Kadisporapar Kalbar mengingatkan, agar peringatan hari lingkungan hidup ini tidak hanya diperingati secara seremonial saja, tapi harus dibarengi dengan aksi nyata.

Di momentum peringatan hari lingkungan hidup tahun 2024 ini, Windy turut membuat sebuah aksi atau Gerakan Kalbar Membawa Tumbler.

Gerakan ini sebelumnya sudah digaungkan oleh Windy yang melibatkan peran pemuda di Kalimantan Barat, sebagai upaya untuk mengurangi sampah plastik.

“Saya mengajak agar kita semua untuk bisa mengurangi penggunaan sampah plastik, salah satunya dengan cara membawa tumbler kemanapun kita pergi atau saat beraktivitas,” ujarnya.

Baca Juga :  Jelang Idul Fitri 1444 H, DWP Kalbar Anjangsana ke Panti Sosial dan Panti Asuhan

Windy mengatakan, gerakan membawa tumbler ini pun, telah diterapkan di lingkungan kerjanya. Windy mewajibkan seluruh ASN di Lingkungan Disporapar Kalbar untuk membawa tumbler ke kantor maupun saat mereka beraktivitas.

“Sebisa mungkin saat aktivitas kita kurangi sampah plastik, dan kita sama-sama belajar untuk membiasakan diri membawa tumbler. Kalau bukan kita, siapa lagi. Maka dari itu, mulailah dari diri sendiri, lingkungan hingga mengajak masyarakat luas,” ujarnya.

Sebelumnya, Pj Ketua TP PKK Provinsi Kalbar bersama Disporapar Kalbar dan Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Kalbar telah membagikan ratusan tumbler ke sekolah hingga turun ke jalan-jalan, sebagai aksi nyata dari gerakan membawa tumbler ini.

Baca Juga :  Pj Ketua PKK Kalbar Sebut Percepatan Penurunan Stunting Harus Dilakukan Secara TSM

Bahkan, gerakan ini juga menyasar usia remaja, sebagai upaya untuk membiasakan anak-anak remaja untuk membawa tumbler saat mereka ke sekolah, sehingga bisa dicontoh oleh orang banyak.

“Dan ketika sudah terbiasa membawa tumbler ini di usia mereka yang masih remaja, maka ini akan menjadi kebiasaan mereka kelak. Inilah upaya kita untuk menumbuhkan kecintaan anak kita akan bumi kita, dengan cara mengurangi penggunaan sampah plastik,” ujarnya.

Dalam waktu dekat, Windy juga akan turun kembali untuk membagikan tumbler ini, untuk terus menggaungkan gerakan membawa tumbler ke masyarakat luas. (Jau)

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Comment