Presiden Tunjuk Raja Juli Antoni Jadi Plt Wakil Kepala Otorita IKN

KalbarOnline, Jakarta – Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang/Wakil Kepala Badan Pertanahan Nasional (Wamen ATR/Waka BPN), Raja Juli Antoni ditunjuk oleh Presiden Joko Widodo sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Wakil Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) pada Senin (03/06/2024).

Dengan penunjukan ini, Raja Juli Antoni akan mendampingi Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono yang juga didapuk sebagai Plt Kepala Otorita IKN.

IKLANBANKKALBARIDULADHA

Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg), Pratikno dalam keterangan pers yang disampaikan di Istana Presiden, Jakarta, menyampaikan, penunjukan ini dilakukan setelah Kepala Otorita dan Wakil Kepala Otorita IKN periode 2022 – 2027, Bambang Susantono dan Dhony Rahajoe resmi mengundurkan diri.

Dengan penunjukan ini, presiden berharap agar para pihak yang diberi tanggung jawab sebagai Plt Kepala dan Wakil Kepala Otorita IKN segera dapat menjamin percepatan pembangunan IKN dengan sebaik-baiknya.

“Dengan visi semula, yaitu tetap konsisten pada rencana ‘Nusa Rimba Raya’ dan tentu saja juga memberikan manfaat positif bagi masyarakat sekitar,” ujar Pratikno.

Baca Juga :  Proses Tender Selesai, Lasarus Pastikan Duplikasi Jembatan Kapuas I Dimulai dalam Waktu Dekat

Selain fokus terhadap hal tersebut, Plt Kepala Otorita IKN, Basuki Hadimuljono pada kesempatan yang sama menyampaikan, bahwa fokus lainnya adalah percepatan penyelesaian masalah tanah dan investasi. Menurutnya, ditunjuknya Wamen ATR/Waka BPN juga karena menyangkut status tanah.

Basuki Hadimuljono.

“Jadi kami segera memutuskan status tanah IK ini apakah dijual, disewa, ataukah KPBU (Kerja sama Pemerintah dan Badan Usaha, red). Kami ingin mempercepat itu, sehingga para investor tidak ragu-ragu lagi untuk melakukan investasinya karena status tanahnya akan lebih jelas mereka juga akan lebih jelas status hukumnya sebagai investor di IKN,” terang Basuki.

Terpisah, Wamen ATR/Waka BPN, Raja Juli Antoni mengucapkan terima kasih kepada Presiden Joko Widodo atas kepercayaan yang diberikan. Menurutnya, amanah yang baru ia emban ini merupakan tugas yang berat sekaligus penting karena perannya adalah mewujudkan mahakarya yang luar biasa bagi sejarah bangsa, seperti yang disampaikan Menteri AHY sebelumnya.

Baca Juga :  Seminar Nasional Presidential Threshold Pemilu 2019 dan Pelantikan IMMIH Undip

Insyaallah saya akan jalankan dengan sepenuh hati, segenap pikiran, dan sekuat tenaga,” kata Raja Juli di Kantor Kementerian ATR/BPN.

“Saya sangat optimis dapat mengemban amanah ini karena yang ditunjuk menjadi Ketua adalah Pak Bas, idola saya dalam bekerja, sosok ‘bertangan dingin’ yang telah menyelesaikan banyak program besar dan proyek penting di negeri ini,” ucapnya.

“Terima kasih atas ucapan dan doa dari kawan-kawan semua, mohon terus alirkan doa dan dukungan yang tidak putus kepada saya,” tutup Raja Juli Antoni. (Jau)

Sumbe: Kementerian ATR/BPN ATR

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Comment