Bupati Kapuas Hulu Tancap Tiang Pertama Pembangunan Cagar Budaya Rumah Betang Urang Unsa

KalbarOnline, Kapuas Hulu – Pemerintahan pusat telah merealisasikan pembangunan rehabilitasi Rumah Betang Lunsa Hilir, Desa Urang Unsa, Kecamatan Putussibau Selatan, Kabupaten Kapuas Hulu, Provinsi Kalimantan Barat. Program tersebut hadir setelah kunjungan Ketua Komisi V DPR RI, Lasarus dan Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono.

Menindaklanjuti hal itu, Bupati Kapuas Hulu, Fransiskus Diaan melakukan penancapan tiang pertama terhadap pembangunan rehabilitasi Rumah Betang Lunsa Hilir, pada Minggu (09/07/2023) pagi. Kegiatan itu dilakukan dengan prosesi adat suku Dayak Taman Kapuas.

Bupati Kapuas Hulu, Fransiskus Diaan mengatakan, keinginan renovasi atau rehabilitasi cagar budaya Betang Lunsara ini sudah lama disuarakan masyarakat.

“Pada waktu kunjungan Pak Menteri (Basuki) bersama Pak Lasarus sengaja dibawa ke Betang Lunsa Hilir. Kehadiran mereka dapat melihat keperluan renovasi. Puji Tuhan ini diperhatikan pemerintah pusat. Berkat ini perlu kita syukuri, banyak betang di Kapuas Hulu namun betang ini bisa dapat perhatian,” ungkap Bupati Fansiskus.

Baca Juga :  Megawati Ajak Masyarakat Ikuti Seruan Jokowi Disiplin Cegah Covid-19

Pria yang karib disapa Bang Sis itu berharap, pembangunan rehabilitasi Rumah Betang Lunsa Hilir dapat selesai tepat waktu. Masyarakat setempat dan pihak pelaksana juga harus saling mendukung.

Bupati Kapuas Hulu, Fransiskus Diaan memberikan kata sambutan dalam acara penancapan tiang pertama terhadap pembangunan rehabilitasi Rumah Betang Lunsa Hilir, Minggu (09/07/2023) pagi. (Foto: Ishaq)
Bupati Kapuas Hulu, Fransiskus Diaan memberikan kata sambutan dalam acara penancapan tiang pertama terhadap pembangunan rehabilitasi Rumah Betang Lunsa Hilir, Minggu (09/07/2023) pagi. (Foto: Ishaq)

“Bila terealisasi nanti, kita usahakan Pak Menteri PUPR dan Pak Lasarus datang ke sini, sekaligus melihat beberapa pembangunan lain dari pemerintah pusat yang masuk ke Kapuas Hulu,” ujarnya.

Dalam kegiatan penancapan tiang rehabilitasi Rumah Betang Lunsa Hilir, Bupati Sis didampingi para kepala OPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kapuas Hulu dan Anggota DPRD Kapuas Hulu, Antonius Thambun.

Kelompok Pelestari Adat Lunsa Hilir, Naigi mengatakan, sesuai tradisi Dayak Taman, tancap betang selalu ada ritual. Kali ini Pemkab Kapuas Hulu harus menancapkannya lewat kepala daerah.

Baca Juga :  Selama Pandemi Baznas Kumpulkan Zakat, Infak, dan Sedekah Rp 384 M

“Selama ini pembangunan telah berjalan baik, kami berterima kasih kepada pemerintah pusat, Pak Bupati dan Pak Lasarus, yang telah membangun bagian kedua rumah betang kami ini,” tuturnya. (Ishaq)

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

@kalbaronline

Gubernur Kalimantan Barat, Sutarmidji secara resmi melakukan penancapan tiang pertama pembangunan GOR Terpadu yang berlokasi di kawasan Gelora Khatulistiwa, Jalan Ahmad Yani, Kota Pontianak, Sabtu (08/07/2023). Pembangunan GOR Terpadu tersebut sebagai salah satu wujud keseriusan Pemprov Kalbar dalam mendukung prestasi olahraga di Provinsi Kalbar. Ditambah lagi, GOR Pangsuma saat ini kondisinya sudah tidak memadai untuk pelaksanaan event-event skala besar. — Ikuti Fanspage Facebook, Twitter, dan YouTube kami di KalbarOnline.com. — #kalbaronline #tahudarikalbaronline #kalbaronlinedotcom

♬ Esporte – L. Comp. Project

 

Comment