Nikmati Alam Terbuka Sambil Melihat Pameran Lukisan di Galeri Hutan Kota Kalbar

KalbarOnline, Pontianak – Memperingati bulan menggambar nasional, Komunitas Perupa Kalbar (Kompak) menggelar pameran lukisan bertajuk “Kompak on Drawing 2024” di Galeri Hutan Kota Kalbar.

Pameran yang digelar dari tanggal 25 Mei sampai 2 Juni 2024 itu menampilkan 135 karya lukisan dari 78 pelaku seni dan pelajar. Mulai dari lukisan alam, orang utan, budaya hingga aktivitas keseharian masyarakat Pontianak.

IKLANBANKKALBARIDULADHA

Lenny Sofian, anggota Komunitas Kompak mengatakan, kegiatan ini diselenggarakan serempak secara nasional oleh komunitas perupa yang ada di setiap wilayah di Indonesia, termasuklah di Kalbar.

“Tujuan kegiatan ini ingin membantu masyarakat yang menyukai seni rupa. Juga membantu masyarakat yang ingin menemukan komunitas untuk bertanya atau diskusi tentang seni,” ujarnya usai memberikan workshop menggambar.

Baca Juga :  Respost Foto Ridwan Kamil, Bang Midji Tulis Caption Ingin Buat Boyband Super Governor

Pameran ini merupakan agenda rutin Kompak, khususnya di hari bulan menggambar nasional yang jatuh setiap tanggal 2 Mei. Sementara konsep pameran outdoor seperti ini merupakan yang pertama kalinya digelar.

“Ini memang pertama kali, sebelumnya kita selalu lakukan di gedung. Nah, teman-teman komunitas pikir pameran ini diadakan secara outdoor agar masyarakat lebih mudah akses,” ungkap Lenny.

“Jika hujan bisa disiasati, karna karya yang dipamerkan di sini menggunakan kanvas bahan vinly atau bahan spanduk, dan juga menggunakan tinta permanen dari spidol atau pulpen,” lanjutnya.

Tidak hanya pameran lukisan, ada beberapa kegiatan seni yang juga digelar, diantaranya workshop seni seperti menggambar bentuk, membatik dan membuat kerajinan. Selain itu ada juga lomba mewarnai dan menggambar, diskusi serta menggambar secara on the spot.

Baca Juga :  Shalat Tidak Berakhir di Atas Sajadah, Ini Penjelasan Herlambang

“Setiap pagi dan sore kita adakan workshop untuk membantu masyarakat pengen tu lebih banyak tentang menggambar,” katanya.

Selain di Galeri Hutan Kota Kalbar, pameran lukisan ini juga digelar di Aula PKM Untan. Pameran ini dibuka untuk umum dan gratis. (Lid)

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Comment