PJ Gubernur Harisson Lantik Gutmen Nainggolan Sebagai Pj Bupati Landak yang Baru, Gantikan Samuel

KalbarOnline, Pontianak – Penjabat (Pj) Gubernur Kalimantan Barat, Harisson melantik Pj Bupati Landak yang baru, Gutmen Nainggolan untuk menggantikan Pj Bupati Landak periode 2022 – 2024, Samuel. Pelantikan Gutmen ini diselenggarakan di Balai Petitih Kantor Gubernur Kalbar, Senin (27/05/2024).

Pelantikan ini merujuk pada Keputusan Menteri Dalam Negeri nomor 100.2.1.3 – 1086 Tahun 2024 tanggal 10 Mei 2024 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Penjabat Bupati Landak Provinsi Kalimantan Barat. Di mana pada Pasal 8 ayat (1) Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 4 Tahun 2023 tentang Penjabat Gubernur, Penjabat Bupati, dan Penjabat Wali Kota disebutkan, bahwa masa jabatan Pj Kepala Daerah adalah satu tahun dan dapat diperpanjang setahun berikutnya, dengan kemungkinan penggunaan orang yang sama atau berbeda.

Mengawali pidatonya, Pj Gubernur Harisson mengucapkan terima kasih atas dedikasi dan kinerja yang telah dicapai oleh Pj Bupati Landak sebelumnya.

Baca Juga :  Tanggapi Jarot, Harisson Pastikan Peningkatan Kasus Covid-19 Sintang Karena Pelaksanaan Prokes Tidak Baik

“Terima kasih kami ucapkan atas dedikasi dan kinerja yang baik dari Pak Samuel dan istri, selama 2 tahun ini mengemban amanah sebagai Pj Bupati Landak sudah berjalan dengan baik. Semoga apa yang dikerjakan bermanfaat dan berkesan bagi masyarakat,” kata Harisson.

Kepada Pj Bupati Landak yang baru, Harisson mengingatkan terdapat beberapa target yang harus dijalankan dalam menyelenggarakan roda pemerintahan di Kabupaten Landak, baik itu isu kewilayahan maupun target dari isu nasional.

“Jadi memang ada beberapa permasalahan yang sedang dihadapi, termasuk banjir di Kabupaten Landak, harus cepat ditanggulangi,” tuturnya.

Penjabat (Pj) Gubernur Kalimantan Barat, Harisson memberikan penghargaan kepada Samuel atas pengabdiannya sebagai Pj Bupati Landak periode 2022 – 2024, di Balai Petitih Kantor Gubernur Kalbar, Senin (27/05/2024). (Foto: Jauhari)

Ia juga meminta kepada Pj Bupati Landak yang baru untuk sering turun ke lapangan dan melihat kondisi dan permasalahan masyarakat secara langsung. Termasuk untuk target-target dan program dari pemerintah pusat seperti penurunan stunting, kemiskinan ekstrim, penurunan jumlah pengangguran terbuka, menjaga inflasi agar terkendali termasuk mempermudah investasi dan lainnya.

Baca Juga :  Wapres RI Ajak Seluruh Pemeluk Agama Berkontribusi Dalam Pembangunan Negeri

“Itu juga harus sejalan dan dioptimalkan. Target kemiskinan ekstrim harus nol tahun 2024. Jadi kita harus sering turun ke lapangan. Jadi kita tau permasalahannya apa. Jangan hanya terima laporan dari perangkat daerah saja. adi 60 % harus di lapangan,” pinta Harisson.

Sebelumnya, acara pelantikan ini juga dirangkai dengan Pelantikan Pj. Ketua TP PKK Landak, Pengukuhan Bunda Paud dan Pelantikan Ketua Dekranasda Landak, Wahyuning Mulyani Gutmen Nainggolan, oleh Pj Ketua TP-PKK Kalbar, Windy Prihastari Harisson. Acara kemudian dilanjutkan dengan penyematan pin dekranasda dan pemasangan selempang Ketua Pembina Posyandu Landak. (Jau)

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Comment