IKA Unhas Kalbar Siap Berikan Kontribusi Positif Bagi Kemajuan dan Pembangunan Daerah

KalbarOnline, Pontianak – Suksesi pemilihan Ketua dan Pengurus Wilayah Ikatan Keluarga Alumni Universitas Hasanuddin (IKA Unhas) Provinsi Kalimantan Barat usai digelar pada Jumat 25 Mei 2024, di Aula SSA Kantor Wali Kota Pontianak, Jalan Rahadi Usman, Kota Pontianak.

Dalam sambutan pada acara pelantikan, Ketua PW IKA Unhas Kalbar, Toasin Asha menyampaikan, bahwa hari ini merupakan momen sangat istimewa dan penuh makna bagi IKA Unhas, khususnya bagi para pengurus wilayah IKA Unhas yang baru saja dilantik. Ia pun mengucapkan selamat kepada pengurus yang telah dipercaya untuk mengemban amanah ini. Semoga amanah ini dapat dilaksanakan dengan penuh tanggung jawab, dedikasi dan semangat yang tinggi.

“Sebagai alumni Universitas Hasanuddin, kita memiliki tanggung jawab moral untuk turut serta memajukan almamater tercinta serta memberikan kontribusi positif bagi masyarakat. IKA Unhas bukan hanya wadah silaturahmi, tetapi juga sarana untuk berkolaborasi, berinovasi, dan berkontribusi dalam berbagai bidang kehidupan,” katanya.

Lebih lanjut Toasin berharap, pengurus wilayah yang baru dilantik ini dapat menjadi motor penggerak dalam menjalankan program-program yang bermanfaat, baik untuk para alumni, mahasiswa, maupun masyarakat luas. Menurutnya, tantangan ke depan tentu tidaklah mudah, namun dengan semangat kebersamaan dan gotong-royong, ia yakin bisa melewati semua rintangan dan mencapai tujuan yang telah kita tetapkan bersama.

“Untuk itu, mari kita rapatkan barisan, saling mendukung, dan bekerja sama dengan penuh komitmen. Kita tunjukkan bahwa IKA Unhas adalah organisasi yang solid, dinamis, dan siap berkontribusi nyata dalam pembangunan bangsa,” tutur Toasin.

Baca Juga :  IKA Unhas Kalbar: Kolaborasi untuk Negeri

Sejalan dengan itu, sebagai wadah alumni, IKA Unhas Kalbar harus mengambil peran yang sangat penting dan strategis dalam berbagai aspek pembangunan dan kemasyarakatan di wilayah ini.

“Saya berharap IKA Unhas Kalbar dapat menjalin sinergi yang kuat dengan berbagai pihak, termasuk pemerintah daerah, sektor swasta, dan lembaga pendidikan lainnya. Kerjasama ini diharapkan dapat menciptakan program-program yang berdampak positif bagi masyarakat Kalbar,” ujarnya.

Kemudian diharapkan, para alumni Unhas yang tergabung dalam IKA Unhas Kalbar dapat menjadi motor penggerak inovasi dan kreativitas di berbagai bidang. Menurutnya, para alumni harus mampu menghadirkan solusi-solusi yang inovatif untuk mengatasi berbagai tantangan yang dihadapi oleh masyarakat Kalbar.

“Salah satu harapan besar adalah IKA Unhas Kalbar dapat berperan aktif dalam pengembangan sumber daya manusia di wilayah ini. Melalui program pendidikan, pelatihan, dan pemberdayaan, kita dapat membantu meningkatkan kualitas SDM yang ada,” ujarnya.

Selain itu, Toasin juga berharap, agar IKA Unhas Kalbar dapat terus menunjukkan kepedulian sosial yang tinggi. Dengan mengadakan kegiatan-kegiatan sosial, IKA Unhas dapat membantu meringankan beban masyarakat yang kurang beruntung dan berkontribusi dalam menciptakan kesejahteraan yang merata.

“Sebagai alumni Unhas, kita memiliki tanggung jawab untuk menjaga nama baik almamater tercinta. Setiap tindakan dan program yang kita lakukan harus mencerminkan nilai-nilai luhur yang diajarkan oleh Universitas Hasanuddin,” tambahnya.

Baca Juga :  32 Tim PUBG Mobile Pontianak Adu Strategi di Kualifikasi Super Esports Series

Dengan semangat kebersamaan dan komitmen yang tinggi, Toasin yakin IKA Unhas Kalbar mampu menjadi organisasi yang berdaya guna dan berdaya saing, memberikan kontribusi terbaik bagi almamater, daerah dan bangsa.

“Mari kita wujudkan harapan-harapan ini dengan kerja keras dan dedikasi yang tulus,” kata dia.

Dalam kesempatan yang sama, Toasin turut menambahkan, bahwa dari data alumni yang terhimpun sampai bulan Mei 2024, sudah ada sekitar 90-an alumni, di mana 50 persennya adalah ASN di pemerintahan pusat maupun ASN Pemerintah Provinsi Kalbar dan kabupaten kota. Selebihnya, 22,5 persen alumni Unhas bekerja di sektor swasta serta 1,25% berprofesi sebagai TNI.

Sementara itu, untuk jumlah dosen dan guru dari alumni Unhas ada sekitar 26.25 persen yang tersebar di seluruh Kalbar.

Sebelumnya, pelantikan PW IKA Unhas Kalbar tersebut turut dihadiri oleh Wakil Rektor 3 bidang SDM, Alumni dan Sistem Informasi Unhas, Farida Patittingi, Direktur Hubungan Alumni Unhas, Andi Muhammad Akhmar, Sekjen IKA Unhas, Yusran, Bendum IKA Unhas, Murtir, Waketum IKA Unhas, Andi Irwan Patawari, Ketua Bidang Organisasi Unhas, Irwan Ade Saputra, serta dari Pemprov Kalbar yang diwakili oleh Asisten 1 Pemprov Kalbar, Linda. (Jau)

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Comment