Menikmati Keindahan Hutan Adat: Petualangan di Tengah Keasrian Alam Kalimantan Barat

KalbarOnline, Bengkayang – Hutan adat adalah kawasan hutan yang dikelola dan dijaga dengan baik oleh masyarakat adat setempat, menjadikannya salah satu tempat paling asri dan alami yang bisa Anda kunjungi. Dengan luas sekitar 100 hektar, hutan ini menawarkan berbagai aktivitas petualangan yang seru dan mendebarkan.

Berlokasi di Jalan Melayang, Bengkawan, Kecamatan Seluas, Kabupaten Bengkayang, Kalimantan Barat, hutan adat ini siap memanjakan Anda dengan keindahan alamnya.

IKLANBANKKALBARIDULADHA

Hutan adat ini bukan hanya sekadar tempat wisata, tetapi juga simbol dari keutuhan alam yang dijaga dengan ketat oleh masyarakat adat. Keasrian hutan ini terlihat dari rimbunnya pepohonan dan keberagaman flora dan fauna yang ada di dalamnya.

Hutan ini memberikan pengalaman yang berbeda dari tempat wisata alam lainnya karena Anda bisa merasakan kesejukan dan kedamaian yang sulit ditemukan di tempat lain.

Bagi Anda yang memiliki jiwa petualang, hutan adat ini menawarkan pengalaman berkeliling yang unik. Anda bisa menjelajahi hutan menggunakan kendaraan roda dua atau roda empat. Namun, sensasi yang lebih seru dan menantang bisa Anda dapatkan dengan berkeliling menggunakan sampan. Menyusuri aliran air yang tenang di tengah rimbunnya hutan memberikan pengalaman yang tak terlupakan.

Baca Juga :  Menaklukkan Tantangan di Bukit Batu Pakumbang: Surganya Pecinta Panjat Tebing

Meskipun hutan adat ini berjarak cukup jauh dari kota, akses menuju lokasi ini cukup mudah dijangkau. Anda bisa menggunakan berbagai jenis kendaraan untuk mencapai tempat ini. Harga tiket masuk ke hutan adat ini cukup terjangkau, yakni Rp 380.000. Harga tersebut sebanding dengan pengalaman luar biasa yang akan Anda dapatkan saat mengunjungi hutan adat ini.

Mengingat lokasi hutan yang jauh dari kota, pastikan Anda dalam kondisi fisik yang prima dan membawa perlengkapan yang cukup, termasuk makanan, minuman, dan obat-obatan.

Pakailah pakaian yang nyaman dan sesuai untuk petualangan di alam bebas. Sepatu yang kokoh dan anti licin juga sangat disarankan.

Selalu patuhi aturan dan adat istiadat setempat. Hutan ini dijaga dengan baik oleh masyarakat adat, jadi penting untuk menghormati kearifan lokal yang ada.

Baca Juga :  Prioritaskan Kunjungan ke Daerah Pelosok, Sutarmidji: Midji - Norsan Komitmen Membangun Sampai ke Pelosok

Jangan lupa membawa kamera atau smartphone untuk mengabadikan momen-momen indah selama di hutan adat.

Pilih waktu kunjungan yang tepat. Sebaiknya datang di pagi hari agar Anda bisa menikmati seluruh keindahan hutan tanpa terburu-buru.

Hutan adat di Kalimantan Barat ini bukan hanya sekadar destinasi wisata alam biasa. Dengan keasrian yang terjaga dan pengalaman petualangan yang menantang, tempat ini menawarkan pengalaman yang benar-benar berbeda dan mengesankan.

Jadi, jika Anda sedang merencanakan liburan dan mencari tempat yang menawarkan kedamaian alam serta petualangan seru, hutan adat adalah pilihan yang sempurna. Selamat berpetualang! (Jau)

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Comment