Menyusuri Sejarah di Tugu Digulis Pontianak, Kalimantan Barat

KalbarOnline, Pontianak – Pontianak sebagai ibu kota Kalimantan Barat memiliki banyak destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi. Salah satu ikon sejarah yang paling menonjol adalah Tugu Digulis.

Terletak di Jalan Ahmad Yani, monumen ini bukan hanya menjadi simbol keberanian, tetapi juga menyimpan banyak kisah perjuangan rakyat Pontianak. Mari kita jelajahi lebih dalam tentang Tugu Digulis dan sejarah di baliknya.

IKLANBANKKALBARIDULADHA

Tugu Digulis didirikan pada tahun 1928 oleh Pemerintah Hindia Belanda. Monumen ini dibangun untuk menghormati para pejuang yang gugur dalam Perang Banjar-Pontianak, sebuah pertempuran penting dalam sejarah lokal. Perang ini melibatkan banyak tokoh heroik yang berjuang melawan penjajahan Belanda demi kemerdekaan dan kedaulatan wilayah mereka.

Tugu Digulis memiliki bentuk segi empat dengan tinggi mencapai 12 meter dan lebar 4 meter. Di puncaknya, terdapat patung singa yang gagah, melambangkan keberanian dan kekuatan para pejuang. Patung singa ini menjadi simbol yang mengingatkan kita akan semangat perjuangan yang tidak pernah padam.

Baca Juga :  Resmi Beroperasi, Pasar Rakyat Parwasal Tampung 174 Pedagang

Di bagian bawah tugu, terdapat relief yang mengisahkan berbagai peristiwa penting dalam sejarah Pontianak. Relief ini menggambarkan penyerangan Belanda, perlawanan Sultan Syarif Abdurrahman Alkadrie, dan pembentukan Republik Pontianak. Setiap detail pada relief ini dibuat dengan cermat untuk mengabadikan momen-momen bersejarah tersebut.

Tugu Digulis terletak di Jalan Ahmad Yani, salah satu jalan utama di Pontianak. Lokasinya yang strategis membuat tugu ini mudah diakses oleh wisatawan dan masyarakat lokal. Dekat dengan berbagai fasilitas umum seperti hotel, restoran, dan pusat perbelanjaan, membuat Tugu Digulis menjadi destinasi yang nyaman untuk dikunjungi.

Mengunjungi Tugu Digulis bukan hanya tentang melihat sebuah monumen, tetapi juga tentang menghargai sejarah dan perjuangan yang telah dilalui oleh para pendahulu kita. Monumen ini mengingatkan kita akan pentingnya semangat nasionalisme dan keberanian dalam menghadapi tantangan.

Selain itu, Tugu Digulis juga sering menjadi lokasi berbagai acara budaya dan peringatan hari-hari besar nasional. Dengan mengunjungi tugu ini, Anda dapat merasakan langsung atmosfer perjuangan dan semangat kebangsaan yang kuat.

Baca Juga :  Pimpin Anev Kinerja, Kapolsek Menjalin Harapkan Ada Peningkatan Kinerja Personil

Tugu Digulis Pontianak bukan hanya sebuah monumen, tetapi sebuah simbol keberanian dan pengingat akan sejarah panjang perjuangan rakyat Pontianak. Dengan bentuknya yang megah dan penuh makna, tugu ini layak menjadi salah satu destinasi wisata sejarah yang wajib dikunjungi. Jadi, jika Anda berada di Pontianak, jangan lupa untuk menyempatkan diri mengunjungi Tugu Digulis dan menyelami sejarah yang terkandung di dalamnya.

Dengan memahami dan menghargai sejarah, kita dapat mengambil pelajaran berharga untuk masa depan. Selamat menikmati perjalanan sejarah Anda di Tugu Digulis Pontianak! (Jau)

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Comment