Pastikan Keandalan Sistem Kelistrikan Kalselteng, PLN Gelar Simulasi Sistem Kelistrikan Selama Bulan Ramadhan 1445 Hijriah

KalbarOnline, Banjarbaru – Tim Dispatcher PT PLN (Persero) Unit Induk Penyaluran dan Pusat Pengatur Beban (UIP3B) Kalimantan menggelar simulasi jika terjadi gangguan pada transmisi dan pembangkit pada sistem kelistrikan, dengan tujuan menjaga keandalan pasokan listrik selama Ramadhan dan Idul Fitri 1445 H di Wilayah Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah, Minggu (31/03/2024).

General Manager UIP3B Kalimantan, Abdul Salam Nganro menerangkan, bahwa Dispatcher PLN adalah petugas khusus di belakang layar untuk menjaga suplai daya listrik dari pembangkit yang disalurkan melalui transmisi kemudian sampai ke pelanggan dengan tetap andal dan safety.

“Setiap dispatcher PLN itu wajib mengikuti simulasi minimal 1 kali setiap 6 bulan sebagai upaya untuk me-refresh kembali ilmu dan pengetahuan mereka terhadap sistem kelistrikan melalui metode Dispatcher Training Simulator (DTS),” terang Salam.

Baca Juga :  Bupati Ketapang Buka Kick Off Penyusunan KLHS-RPJMD Tahun 2025 - 2029

Salam juga menjelaskan, bahwa melalui DTS ini para dispatcher akan mensimulasikan berbagai situasi darurat dan juga kondisi operasional yang kompleks. Sehingga akan ada peningkatan dari sisi kesadaran situasional bagi rekan-rekan dispatcher UIP3B Kalimantan.

“Mereka belajar untuk mengidentifikasi dan menanggapi masalah dengan cepat dan efektif, yang penting dalam menjaga kestabilan dan keandalan sistem listrik. Hal ini kami lakukan semata-mata untuk memberikan terang kepada masyarakat di Kalimantan,” pungkas Salam.

Manager Unit Pelaksana Pengatur Beban (UP2B) Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah, Mukti Irawan menyatakan kesiapan petugas PLN dalam menghadapi Ramadhan dan Idul Fitri 1445 H.

Baca Juga :  Peningkatan Peran Perempuan di Era Digitalisasi

“Kami melakukan simulasi pembebanan listrik ketika sahur, buka puasa, salat tarawih bahkan nanti saat hari raya Idul Fitri dan simulasi jika terjadi gangguan agar petugas langsung sigap menangani gangguan yang ada dengan cepat dan tepat,” ucap Mukti.

PLN selalu siap dalam situasi apapun dan selalu memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan. Simulasi ini secara rutin dilakukan agar para petugas dispatcher tenang dan tidak panik saat melakukan pekerjaannya. Ini bentuk tanggung jawab dan bukti pelayanan PLN dalam memberikan yang terbaik agar masyarakat dapat menjalankan ibadah di bulan suci Ramadhan hingga Idul Fitri nanti dengan tenang dan nyaman. (Jau)

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Comment