Kamaruzaman Dorong RSUD Kubu Raya Naik Status Tipe C

KalbarOnline, Kubu Raya – Pj Bupati Kubu Raya, Syarif Kamaruzaman mengatakan bahwa pihaknya terus berupaya melakukan sejumlah perbaikan terhadap Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kubu Raya. Hal itu dilakukan agar RSUD bisa meningkatkan status dari rumah sakit tipe D menjadi tipe C.

“Dengan harapan, kalau ini tipe C nanti akan bisa mendapatkan Dana Alokasi Khusus atau DAK dari kementerian,” kata Kamaruzaman usai meninjau RSUD Kubu Raya di Kecamatan Rasau Jaya, Jumat (22/03/2024).

Kamaruzaman menerangkan, dengan adanya DAK, maka seluruh fasilitas dan sarana prasarana bisa ditunjang, tidak hanya dari dana APBD kabupaten tapi juga dari APBN.

Baca Juga :  Kendalikan Inflasi Desa Parit Baru, Kamaruzaman Gelar Operasi Pasar

“Sehingga kita berharap kalau adanya perubahan tipe ini akan mampu memberikan pelayanan yang prima. Karena itulah kami melakukan inspeksi ini untuk melihat kira-kira apa saja yang memang perlu adanya perbaikan,” ujarnya.

Kamaruzaman lantas menyebut hal pertama yang dapat dilakukan oleh manajemen rumah sakit adalah meningkatkan kualitas kebersihan. Menurutnya, rumah sakit wajib bersih, sebab kebersihan adalah salah satu aspek terpenting dari kesehatan.

“Jadi saya minta ini menjadi perhatian kita karena kalau dilihat dari sejak diresmikan sampai sekarang, RSUD ini bukan meningkat tapi justru menurun dari aspek kebersihannya,” kata Kamaruzaman.

“Nah, kita berharap ini menjadi perhatian manajemen rumah sakit. Karena saya lihat juga tadi ada sampah-sampah dibakar di depan rumah sakit ini,” lanjutnya.

Baca Juga :  30 Tahanan Nyoblos Pemilu 2024 di Rutan Polres Kubu Raya

Ia menekankan, aspek kebersihan lingkungan harus menjadi atensi manajemen rumah sakit. Sebab hal itu berpengaruh dalam proses penyembuhan pasien.

“Ini menjadi perhatian sehingga kita minta supaya kondisi lingkungan ini bersih. Sehingga orang datang itu mendapatkan sugesti yang baik. Begitu mendapati rumah sakitnya bersih, separuh dia sudah sehat. Tinggal beberapa treatment saja, mungkin dengan pengobatan agar bisa pulih dengan baik,” tutup Kamaruzaman. (Jau)

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Comment