by

Pemkab Kubu Raya Harap Bosda Jadi Penunjang Peningkatan Prestasi

KalbarOnline, Kubu Raya – Sebanyak 326 SD negeri dan 86 SMP negeri di Kubu Raya akan mendapatkan saluran Bantuan Operasional Sekolah Daerah (Bosda). Hal tersebut dikatakan Plt Pendidikan dan Kebudayaan Kubu Raya, Lugito di sela-sela sosialisasi Peraturan Bupati nomor 77 tahun 2019 tentang Pembiayaan Pendidikan melalui Bosda pada Satuan Pendidikan Negeri Kabupaten Kubu Raya, di Aula Gardenia, Sungai Raya, belum lama ini.

“Sosialisasi ini bertujuan agar para kepala sekolah memahami proses dan prosedur ketika melakukan pencairan. Kedua, benar-benar diserap karena sudah difasilitasi melalui Bosda, nah ketiga kita berharap kegiatan sosialisasi ini dapat memberikan timbal balik, yakni peningkatan prestasi, baik dari tenaga pendidik maupun peserta didik, karena ada penambahan insentif sehingga harus lebih baik kerja dari sebelumnya,” tuturnya.

2020 mendatang, kata Lugito, anggaran untuk bantuan sektor pendidikan sebesar Rp15 miliar jangka satu tahun untuk SD dan SMP negeri di Kubu Raya.

“Sedangkan untuk tiga bulan terakhir ini (Oktober-Desember) lebih kurang Rp3 miliar pada perubahan,” katanya.

Sistem transfer dana Bosda melalui rekening sekolah, untuk melakukan pembelanjaan sesuai dengan kebutuhan yang telah diatur dalam Perbub Nomor 77 Tahun 2019. Proses belanja dari dana Bosda, Lugito menegaskan menggunakan sistem non tunai.

“Proses tersebut akan dilakukan pengawasan oleh Dinas Pendidikan sendiri juga dibantu Inspektorat daerah. Sesuai dengan Perbub, pengawasan dilakukan untuk menimalisir kesalahan yang dilakukan oleh para kepala sekolah yang bersangkutan,” tutupnya. (ian)

Comment

News Feed