Pj Wako Pontianak Serahkan Bansos ke Korban Kebakaran di Gang Peniti I

KalbarOnline, Pontianak – Pj Wali Kota Pontianak, Ani Sofian menyerahkan bantuan sosial (bansos) berupa sandang dan pangan untuk meringankan beban keluarga yang mengalami musibah kebakaran di Gang Peniti I, Jalan Imam Bonjol, Kelurahan Benua Melayu Laut, Kecamatan Pontianak Selatan, Selasa (12/03/2024).

Yulita, selaku perwakilan korban mengucapkan terima kasih kepada Pemkot Pontianak yang telah peduli dengan musibah yang menimpa keluarganya.

“Mudah-mudahan Allah, SWT mengganti semua kebaikan ini. Kami juga mohon doanya supaya kami tambah kuat dengan cobaan ini,” tuturnya usai menerima sejumlah bantuan pangan dan sandang dari Pemerintah Kota (Pemkot) Pontianak.

Yulita mengatakan, bahwa musibah kebakaran itu berlangsung pada Senin (11/03/2024) pagi. Rumah tempatnya bernaung bersama 11 anggota keluarga lainnya itu kini hanya tinggal puing retung. Rumah tersebut ditempati Yulita sejak dirinya masih kecil hingga memiliki cucu.

“Waktu kejadian, saya tengah bekerja, jadi tidak tahu persis bagaimana awal mulanya terjadi kebakaran. Saya dijemput oleh anak saya di tempat kerja,” terangnya.

Baca Juga :  Kapolres Kapuas Hulu Imbau Bahaya Akibat Karhutla

Dari cerita anaknya yang tengah berada di rumah saat kejadian kebakaran, ia menceritakan bahwa anaknya saat itu tengah tidur. Karena merasakan hawa panas dan banyak asap, awalnya dia mengira kakaknya sedang membakar sampah.

“Ketika anak saya bangun dan turun dari lantai atas, lihat api sudah membesar,” kata Yulita yang turut berterima kasih kepada warga di lingkungannya yang telah ikut membantunya pasca musibah itu terjadi.

Sementara itu, Pj Wali Kota Ani Sofian mengimbau seluruh warga untuk lebih waspada, karena menurutnya kejadian kebakaran tidak hanya semata disebabkan oleh korsleting listrik, tetapi bisa juga penyebab-penyebab lainnya.

“Kalau misalnya meninggalkan rumah maupun ketika berada di rumah, selalu waspada terhadap bahaya kebakaran terutama yang menjadi penyebabnya, misalnya memperhatikan api kompor, obat nyamuk atau puntung rokok yang masih menyala, intinya jangan sampai lalai untuk mencegah terjadinya kebakaran,” imbaunya.

Bagi warga yang tertimpa musibah kebakaran, Pemkot Pontianak menyerahkan bantuan berupa pangan, peralatan masak, gas elpiji, kasur, terpal dan sebagainya. Ani berharap bantuan ini bisa meringankan beban warga.

Baca Juga :  Hari Air Sedunia 2022, Edi Rusdi Kamtono: Jangan Buang Sampah di Parit atau Sungai

“Kita juga menyerahkan dokumen kependudukan seperti Kartu Keluarga dan KTP karena dokumen-dokumen mereka ikut terbakar,” ucapnya.

Di tempat yang sama, Kepala Dinas Sosial Kota Pontianak, Trisnawati menambahkan, kalau bantuan yang berasal dari Dinas Sosial (Dinsos) Kota Pontianak itu berasal dari dua sumber, yakni dari APBD dan APBN.

Untuk bantuan bersumber APBD, pihaknya memberikan makanan siap saji kepada keluarga yang tertimpa musibah kebakaran selama tujuh hari, mulai dari hari pertama sampai dengan hari ketujuh. Kemudian bantuan lainnya berupa bantuan sandang yang berasal dari inovasi Dinsos Kota Pontianak yakni Tampungan Sandang dari Pegawai (Tasdawai), yang mana pegawai-pegawai di lingkungan Dinsos Kota Pontianak memberikan bantuan berupa pakaian, tas, sepatu untuk kebutuhan korban bencana.

“Dari pemerintah pusat atau kementerian sosial juga ada makanan siap saji, ditambah dengan kasur, terpal dan beberapa bantuan alat makan,” urainya. (Jau)

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Comment