Pj Ketua PKK Kalbar Dorong Pencanangan Orang Tua Asuh Bagi Anak Stunting di Kabupaten Sanggau

KalbarOnline, Sanggau – Penjabat (Pj) Ketua TP PKK Provinsi Kalbar, Windy Prihastari mendorong pencanangan gerakan orang tua asuh bagi anak stunting di Kabupaten Sanggau. Melalui gerakan ini Windy mengharapkan, perkembangan dan pertumbuhan anak stunting dapat lebih terpantau dan terawasi.

“Jadi dengan gerakan orang tua asuh, anak-anak stunting bisa benar-benar diawasi perkembangan dan pertumbuhannya, terutama pola asuh dan pemberian makan. Mari bersama-sama kita entaskan stunting di Kabupaten Sanggau,” katanya.

Hal itu disampaikan Windy saat mendampingi kunjungan kerja Pj Gubernur Kalbar, Harisson ke Kabupaten Sanggau. Di mana keduanya juga menyempatkan diri untuk mengunjungi rumah warga dan menemui anak-anak penderita stunting di Kelurahan Tanjung Sekayam, Kecamatan Kapuas, Minggu (03/03/2024).

Lebih lanjut Windy menerangkan, setiap orang tua asuh ini akan menangani atau membantu masing-masing lima anak stunting. Para anak stunting itu akan diberikan bantuan 3 kali makan dalam sehari dengan indeks Rp 25 ribu untuk sekali makan, selama 3 bulan ke depan.

Baca Juga :  Kodim 1206 Putussibau Siap Dukung dan Kawal Pemilu 2024

“Dan bersama TP PKK Kabupaten Sanggau, kader posyandu dan petugas kesehatan setempat, kami akan terus memantau tumbuh kembang anak-anak asuh TP PKK Provinsi Kalbar di Kabupaten Sanggau selama 3 bulan ke depan, dan sampai anak tersebut terbebas dari stunting,” katanya.

Kembali, Windy sangat berharap dengan adanya keterlibatan semua pihak untuk menjadi orang tua asuh bagi anak stunting, maka pengentasan kasus stunting dapat benar-benar efektif.

“Semoga program orang tua asuh ini juga bisa dilanjutkan oleh TP PKK dan perangkat daerah kabupaten/kota serta pihak-pihak lainnya, agar bisa bersama-sama mengentaskan stunting di Kalimantan Barat,” katanya.

Baca Juga :  Baznas dan Pemkot Pontianak Sinkronisasikan Program Penurunan Kemiskinan Ekstrem dan Stunting

Sebelumnya, dalam kunjungan ke rumah anak penderita stunting di Kecamatan Sekayam, Pj Gubernur Harisson dan Windy Prihastari turut menyerahkan bantuan berupa uang tunai dan bahan-bahan MPASI kepada orang tua anak tersebut.

Dalam kunjungan itu, Harisson turut didampingi Pj Bupati Sanggau, Suherman dan bersama Pj Ketua TP PKK Sanggau, Lusia beserta jajaran Pemerintah Kabupaten Sanggau.

Sementara itu, Sudiyansyah, salah satu orang tua anak penderita stunting di Sanggau mengungkap syukur dan berterima kasih atas perhatian Pj Gubernur Kalbar beserta Pj Ketua TP PKK Provinsi Kalbar yang telah berkunjung ke rumah mereka, dan bahkan mendapatkan pendampingan langsung terkait tumbuh kembang anak stunting melalui gerakan orang tua asuh stunting TP PKK Provinsi Kalbar. (Jau)

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Comment