Polres Kapuas Hulu Gelar Operasi Keselamatan Kapuas 2024

KalbarOnline, Putussibau – Apel Gelar Pasukan Operasi Keselamatan Kapuas 2024 dan Pencanangan Aksi Keselamatan digelar di halaman Polres Kapuas Hulu, pada Sabtu (02/03/2024).

Apel tersebut dipimpin oleh Kapolres Kapuas Hulu, AKBP Hendrawan, dengan dihadiri jajaran Forkopimda Kapuas Hulu dan instansi terkait. Adapun peserta apel, berasal dari TNI dan Polri, Dinas Perhubungan dan Satpol PP, BPBD, serta mahasiswa dan pelajar SMA.

Pada apel tersebut, AKBP Hendrawan membacakan arahan dari Kapolda Kalbar, Irjen Pol Pipit Rismanto. Disampaikan, di Kalbar, operasi tersebut dilaksanakan selama 14 hari, mulai tanggal 4 Maret 2024 hingga 17 Maret 2024.

“Dengan melibatkan total 765 personel jajaran Polda Kalbar dan anggaran sebesar Rp 1.595.790.000,-, operasi ini bertujuan untuk meningkatkan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas, menurunkan angka fatalitas korban kecelakaan, dan pelanggaran lalu lintas menjelang masuknya Bulan Suci Ramadhan dan Idul Fitri 1445 Hijriah di wilayah hukum Polda Kalimantan Barat,” paparnya.

Baca Juga :  Madu Asal TNDS Sudah Dapatkan Sertifikat SNI

Polres Kapuas Hulu Gelar Operasi Keselamatan Kapuas 2024 2 Operasi ini melibatkan berbagai instansi terkait dengan pendekatan yang bersifat simpatik, persuasif dan humanis terhadap pengguna jalan. Beberapa arahan diberikan kepada seluruh personel yang melaksanakan operasi, antara lain:

  1. Melaksanakan tugas dengan sungguh-sungguh dan menanamkan dalam diri bahwa melakukan Operasi Keselamatan Kapuas 2024 adalah sebuah kehormatan dan ladang amal ibadah bagi semua.
  2. Menyiapkan performa terbaik masing-masing personel, menerapkan sistem buddy, dan memedomani SOP, agar siap merespon permasalahan masyarakat yang berkaitan dengan lalu lintas.
  3. Melakukan deteksi dini, lidik, pengamanan, serta pemetaan terhadap lokasi yang rawan kecelakaan dan kemacetan, pelanggaran.
  4. Menggencarkan sosialisasi dan penyuluhan kepada masyarakat tentang tertib berlalu lintas melalui media cetak, media elektronik dan media sosial.
  5. Menjalin langkah-langkah partnership, kerja sama, sinergi, kolaborasi, dan soliditas dengan pihak-pihak yang terlibat, sehingga memberikan penyelesaian yang solutif terhadap permasalahan lalu lintas.
  6. Menjadi pelopor keselamatan berlalu lintas sebagai teladan bagi masyarakat dalam patuh berlalu lintas.
Baca Juga :  Operasi Zebra Kapuas 2017, Ini Harapan Kapolres Kapuas Hulu

Kapolda Kalbar dalam amanatnya turut mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada seluruh personel jajaran Polda Kalbar, mitra, stakeholder, dan seluruh pihak terkait yang terlibat dalam Operasi Keselamatan Kapuas 2024 ini. (Haq)

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Comment