Inacraft 2024, Jokowi, Iriana hingga Istri Mendagri Kagumi Stand Dekranasda Pemprov Kalbar

KalbarOnline, Jakarta – Stand Dekranasda Provinsi Kalbar menjadi salah satu stand yang berhasil mencuri perhatian para pengunjung dalam Pameran Jakarta International Handicraft Trade Fair (Inacraft) Tahun 2024 di Jakarta Convention Center (JCC), Rabu (28/2/2024). Tak terkecuali orang nomor satu di republik ini, Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi).

Bersama istrinya Iriana dan juga istri Mendagri yang juga Ketua Umum TP PKK Pusat, Tri Tito Karnavian, kehadiran Jokowi ini disambut hangat Pj Ketua Dekranasda Kalbar, Windy Prihastari Harisson.

Jokowi merasa senang dan kagum dengan konsep stand serta berbagai produk yang ditampilkan oleh Dekranasda Kalbar. Windy yang juga merupakan Kepala Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Kadisporapar) Provinsi Kalbar tersebut turut menjelaskan tentang tema dan filosofi dari stand berbentuk rumah betang yang ditampilkan.

“Tadi Pak Presiden, Ibu Iriana dan Ibu Tito mengunjungi stand kita. Beliau kagum dengan kebudayaan serta produk fashion yang ditampilkan,” tutur Windy.

Dirinya menyampaikan, bahwa pada Inacraft 2024, Dekranasda Kalbar banyak menampilkan produk-produk kerajinan hasil UMKM, kebudayaan dan ekraf khas Kalbar.

Baca Juga :  Wapres Ingatkan Jangan Ada Klaster Idul Adha

“Seluruh barang kerajinan dan fashion yang tergabung dalam kriya (khas Kalbar) ada di sini,” ujarnya.

Pada pameran kerajinan tangan terbesar di Asia Tenggara itu, stand besutan Pj Ketua Dekranasda Kalbar dan jajaran ini banyak dikunjungi oleh para wisatawan, baik lokal maupun mancanegara, lantaran nuansa kebudayaan alam khas Kalimantan Barat yang ditampilkan, yang dibalut dengan merdunya alunan lembut musik sape.

Inacraft 2024, Jokowi, Iriana hingga Istri Mendagri Kagumi Stand Dekranasda Pemprov Kalbar 2 “Stand kami buat (dengan konsep) Rumah Betang, yang tahun lalu dengan desain rumah baluk mendapat penghargaan. Kita juga menghadirkan musik sape untuk menghibur pengunjung stand yang hadir di sini,” tutur Windy.

Ia pun turut mengapresiasi produk-produk dekranasda dari kabupaten kota yang ditampilkan, di mana masing-masing memiliki kekhasan dan keunikannya tersendiri.

“Barangnya memang bagus-bagus dan sudah terkurasi. Padahal sudah punya, tapi saya masih tertarik untuk membelinya. Kita juga menampilkan Tikar Senggang yang mendapat penghargaan dari Kriya Nusa. Tikar ini terbuat dari pelepah pohon senggang kemudian dikeringkan,” terangnya.

Sebagaimana pesan Iriana Jokowi kepada Windy yang berharap Kalbar terus mempromosikan kebudayaannya agar semakin dikenal masyarakat luas, Windy pun menyatakan pihaknya akan terus berupaya maksimal.

Baca Juga :  Jokowi Minta Semua Pihak Siap Hadapi Bencana Hidrometeorologi

Windy optimis pada perkembangan UMKM dan ekraf yang dimiliki Provinsi Kalbar. Hal ini karena beberapa kali produk UMKM dan ekraf khas Kalbar berhasil memperoleh juara di tingkat nasional.

“Kita akan selalu mendampingi dan membina para perajin agar dapat terkenal di ‘dunia’ (handicraft) nasional dan internasional. Ayo kunjungi stand Dekranasda Kalbar di JCC,” tutup Windy.

Sebagai informasi, tahun ini, Inacraft 2024 diramaikan oleh 1.500 peserta dari UKM yang mengisi 1.066 booth. Di mana 850 stand diisi oleh anggota Asosiasi Eksportir dan Pengusaha Handicraft Indonesia (ASEPHI), dan 650 stand terdiri dari non anggota dan Peserta Binaan Kementerian, BUMN, dinas dan dekranasda.

Inacraft 2024 juga dihadiri oleh peserta luar negeri yang bertempat di Plenary Hall, mereka diantaranya berasal dari Uzbekistan, Nepal, Thailand, Malaysia, Korea, Jepang, Polandia, Vietnam, China, dan perwakilan negara Asia Tenggara lainnya. (Jau)

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Comment