Pastikan Kesehatan Personel dan KPPS, Biddokkes Polda Kalbar Turunkan Tim Keslap

KalbarOnline, Pontianak – Guna memastikan kondisi kesehatan para personel pengamanan dan KPPS, Biddokkes Polda Kalbar menurunkan tim kesehatan lapangan (tim keslap).

Kapolda Kalbar Irjen Pol Pipit Rismanto melalui Kabiddokkes Polda Kalbar, Kombespol Dafianto Arief menjelaskan, tim tersebut telah diturunkan sejak pemungutan suara pada hari Rabu (14/02/2024) hingga Jumat (16/02/2024).

“Kami terjunkan 5 tim untuk melaksanakan pelayanan kesehatan dengan menggunakan sarana kendaraan R4  atau mobil Kesehatan lapangan,” kata Dafianto.

Ia mengatakan, kegiatan ini juga dilakukan sebagai langkah antisipasi, mengingat berdasarkan pengalaman pemilu sebelumnya, di mana banyak petugas Polri dan panitia pemilu baik KPPS dan PPK yang drop kondisi kesehatannya, sehingga sampai mengakibatkan meninggal dunia.

Baca Juga :  Penutupan Turnamen Kemerdekaan Cup, Karolin: Ganjar Siap Memimpin Indonesia

“Ini sebagai antisipasi jangan sampai ada personel pengamanan baik TNI, Polri maupun panitia pemilu (KPPS maupun PPK) yang kondisi kesehatannya kurang baik tidak ditangani sejak awal,” jelasnya.

Ia juga menambahkan, bahwa sejak awal pelaksanaan Operasi Mantap Brata Kapuas 2023/2024, Kapolda Kalbar, Irjen Pol Pipit Rismanto memang telah memerintahkan seluruh personel yang terlibat operasi agar dicek kesehatannya.

“Meski awal pelaksanaan Operasi Mantap Brata Kapuas 2023/2024 sudah dicek kesehatannya, kita akan cek terus selama pelaksanaan tugas di lapangan, setidaknya ada tambahan vitamin sebagai penunjang stamina petugas, kita cek tensinya, kita cek apakah ada gejala-gejala sakit, apabila memang perlu dilakukan evakuasi akan kita lakukan secepatnya,” tutur Dafianto.

Baca Juga :  Hadiri Festival Budaya Nusantara, Pj Gubernur Harisson Ajak Dukung Pembangunan Kota Pontianak

Ia menghimbau kepada seluruh personel pengamanan dan panitia pemilu yang bertugas, untuk tetap jaga pola makan dan perbanyak minum air putih.

“Mengingat saat ini para petugas siang malam bekerja, maka perlu adanya tambahan asupan multivitamin sebagai penunjang stamina, kalau memang ada gejala kurang enak badan, lebih baik segera dilaporkan kepada kami melalui radio HT yang ditujukan ke Posko OMB Kapuas 2024, agar segera ditangani”, pungkas Dafianto. (Jau)

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Comment