Kalbar Food Festival, Kenalkan Kuliner dan Ekonomi Kreatif di Kalimantan Barat

KalbarOnline, Pontianak – Kabar gembira untuk masyarakat Kalimantan Barat. Pada 17 – 25 Februari 2024, akan ada Kalbar Food Festival. Event ini merupakan salah satu ajang promosi kuliner dan 17 sub sektor ekonomi kreatif yang ada di Kalbar.

Tidak hanya kuliner, dalam Kalbar Food Festival juga akan ada pertunjukan pentas seni, atraksi, lomba masak, festival kopi, stand up comedy, dan lainnya. Uniknya, Kalbar Food Festival kali ini akan ada Rekor Muri Sotong Pangkong.

“Atraksi yang paling menarik adalah muri sotong pangkong. Jadi nanti kita akan memangkong sotong. Kemudian membuat lempok durian, mulai dari mengaduk lempok sampai dengan pengemasan, sehingga siap dijual,” ujar Kepala Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata Provinsi Kalimantan Barat, Windy Prihastari, Sabtu (06/01/2024).

Baca Juga :  Kalbar Sabet Juara Nasional Desa Wisata Terfavorit di Ajang ADWI 2023

Pemilihan waktu kegiatan juga bukan tanpa alasan. Tanggal 17 – 25 Februari juga bertepatan dengan festival Cap Go Meh, sehingga diharapkan akan semakin banyak wisatawan yang berkunjung dan lebih lama tinggal, yang pada akhirnya berimbas kepada masyarakat Kalimantan Barat khususnya untuk peningkatan perekonomian Kalbar.

Kalbar Food Festival juga melibatkan UMKM di seluruh kabupaten/kota di Kalimantan Barat.

“Event ini juga adalah salah satu rangkaian dari HUT Pemprov Kalbar yang ke-67, dan kita ingin semua kabupaten/kota merasa memiliki event ini. Jadi kita mengikutkan seluruh kabupaten/kota, sudah kami surati, dan kita juga mengajak BUMN dan BUMD untuk meramaikan event ini,” ungkap Windy.

Baca Juga :  Sepakat Dengan Gubernur Soal Pokir Dewan, Suib: Memang Harus Sesuai Aturan Main...

Sementara itu, Owner Pondok Ale-Ale, Edi Hartono selaku panitia, menerangkan, setidaknya akan ada 185 tenant yang akan berpartisipasi. Tentunya jumlah tersebut di luar dari stand kabupaten/kota.

“185 tenan itu termasuk kopi, kuliner, UMKM, multi produk, tentunya diluar kabupaten/kota yang berpartisipasi,” terang Edi.

Kalbar Food Festival akan digelar di Halaman Parkir Ayani Mega Mall, Pontianak. (Indri)

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Comment