Popda Kalbar 2024 Resmi Digelar, Titik Penentu Menuju Popnas Aceh 2025

KalbarOnline, Pontianak – Penjabat Gubernur Kalbar, Harisson secara resmi membuka penyelenggaraan Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) Kalimantan Barat Tahun 2024, di GOR Terpadu Ahmad Yani Pontianak, Senin (24/06/2024). Popda Kalbar 2024 ini merupakan titik penentu menuju Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) yang akan digelar di Provinsi Aceh pada tahun 2025.

Dalam sambutannya, Harisson menyampaikan, bahwa Pemerintah Provinsi Kalbar tentunya menyambut baik dan memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya atas terselenggaranya Popda Kalbar 2024 yang juga sebagai rangkaian Gebyar Kejuaraan Olahraga Antar Pelajar se-Kalimantan Barat atau Kalbar Award Chapter 2 Tahun 2024 yang dilaksanakan melalui Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Provinsi Kalbar.

IKLANBANKKALBARIDULADHA

“Semoga dengan dilaksanakannya Popda Kalbar tahun 2024, dapat menjadi ajang seleksi para atlet pelajar daerah menuju babak kualifikasi/Pra-Popnas dan Popnas sebagai puncak ajang pelajar yang tertinggi tingkat nasional,” katanya.

Tak hanya itu, Popda Kalbar 2024 ini juga diharapkan mampu menjadi momentum dalam peningkatan prestasi olahraga pelajar tingkat Asean School Games dan di ajang olahraga lainnya.

“Pemerintah Provinsi tentunya akan berupaya untuk terus mendukung kegiatan olahraga di daerah, dengan menyiapkan berbagai infrastruktur olahraga yang sangat representatif, terjangkau dan berstandar internasional,” tutur Harisson.

Disampaikannya lagi, kalau Pemprov Kalbar selalu berkomitmen dalam menyediakan infrastruktur olahraga bagi masyarakat. Hal tersebut dimulai pada tahun 2021, dengan upaya pemprov melalui Disporapar Provinsi Kalbar menghadirkan kawasan gelanggang olahraga yang representatif, sehingga dapat mengembalikan Kawasan Gelora Khatulistiwa pada fungsinya untuk kegiatan olahraga dan rekreasi bagi masyarakat.

Baca Juga :  Pj Gubernur Kalbar Kunker ke Kapuas Hulu

“Pada tahun 2022, kita telah memiliki GOR Lapangan Tembak Khatulistiwa dan di tahun 2024 ini Kalimantan Barat telah memiliki fasilitas olahraga bertaraf internasional yaitu GOR Terpadu Ayani yang terletak di Kawasan GOR Khatulistiwa Pontianak ini,” ungkap Harisson.

“Saya berharap gedung ini dapat dipergunakan semaksimal mungkin untuk kepentingan olahraga. GOR Terpadu yang kita rasakan saat ini diharapkan dapat menjadi sentra baru dalam pengembangan olahraga daerah, baik dalam peningkatan prestasi atlet, sport tourism dan tentunya industri olahraga yang diharapkan dapat menopang peningkatan ekonomi masyarakat kita,” kata Harisson lagi.

Sejalan dengan itu, dirinya berharap, Popda Kalbar 2024 ini kiranya dapat menjadi pintu masuk dalam melakukan pembinaan dan penjaringan atlet berprestasi.

“Sehingga harus dilaksanakan dengan baik, lancar dan sukses pelaksanaanya serta sukses juga pelaporannya. Oleh karena itu saya sangat mendukung kegiatan ini dan mengucapkan selamat bertanding dan selamat meraih prestasi serta junjung terus sportivitas. Jadilah atlet-atlet pelajar daerah yang berdaya saing dan berprestasi,” kata Harisson menutup sambutannya.

Perbanyak Kompetisi, Mengejar Prestasi

Dalam sesi wawancaranya, Pj Gubernur Harisson berharap, bahwa ke depan semakin banyak cabang-cabang olahraga yang dipertandingkan—di luar kejuaraan-kejuaraan yang sudah ada, semisal popda.

“Kita tadi melakukan pembukaan pekan olahraga pelajar daerah, kita ingin pelajar pelajar kita sering melakukan kompetisi-kompetisi, supaya nanti ini dapat memotivasi dapat memberikan peningkatan kompetensi mereka dalam bidang olahraga,” katanya.

Menurut Harisson, semakin banyak kompetisi yang digelar, maka akan semakin mempertajam kemampuan para atlet, yang nantinya hal itu akan mempermudah mereka dalam mengejar prestasi baik di tingkat nasional dan internasional.

Baca Juga :  Pj Gubernur Harisson Resmi Dikukuhkan Sebagai Ketua KDEKS Provinsi Kalbar

“Kita ingin agar atlet atlet pelajar ini benar-benar bisa berkembang menjadi atlet-atlet berprestasi di tingkat nasional maupun internasional seperti yang ditunjukkan atlet-atlet kita. Sudah banyak atlet-atlet kita yang berprestasi di tingkat internasional dan sudah ada yang masuk ke olimpiade,” kata Harisson.

1.500 Atlet Siap Berlaga

Sementara itu, Kepala Disporapar Provinsi Kalbar, Windy Prihastari menyampaikan, bahwa Popda Kalbar Tahun 2024 ini diikuti oleh sebanyak 1.500 atlet yang berasal dari 14 kabupaten dan kota se-Kalbar.

Windy menyampaikan, Popda Kalbar 2024 mempertandingkan sebanyak 8 cabang olahraga, diantaranya sepak bola, bola basket, bola voli, bulu tangkis, sepak takraw, tenis lapangan, tinju dan pencak silat. Cabang-cabang itu akan memperebutkan 108 medali dan trophy juara umum Gebyar Kejuaraan Olahraga Pelajar Se-Kalimantan Barat pada Kalbar Award Chapter 2 Tahun 2024. 

Popda Kalbar 2024 dilaksanakan selama 5 hari, dari pembukaan sampai penutupan, mulai dari tanggal 24 sampai 28 Juni 2024. Popda ini dilaksanakan di beberapa venue, antara lain GOR Pangsuma, Lapangan Stadion Sultan Syarif Abdurrahman, Lapang PSP Kota Pontianak, Lapangan Perbasi Kota Pontianak, GOR Bumi Khatulistiwa, GOR Bulutangkis Glory, Lapangan Tenis Sutera, Lapangan Tennis Indoor Katamso dan GOR Bulutangkis Tabrani Ahmad Kota Pontianak. (Jau)

Comment