Wako Edi Ajak Masyarakat Peduli Kesehatan Mata

KalbarOnline, Pontianak – Pemeriksaan mata dan bagi-bagi 500 kacamata gratis menjadi rangkaian kegiatan peringatan Hari Penglihatan Sedunia yang digelar Gabungan Pengusaha Optik Indonesia (Gapopin) Kalimantan Barat (Kalbar) di halaman Ayani Megamal, Minggu (15/10/2023).

Wali Kota Pontianak Edi Rusdi Kamtono mengapresiasi bakti sosial yang diinisiasi Gapopin Kalbar sebagai bentuk kepedulian terhadap kesehatan mata masyarakat.

Hari Penglihatan Sedunia ini memberikan kesempatan bagi masyarakat untuk mendapat literasi lebih banyak tentang berbagai masalah penglihatan, termasuk pencegahan dan penanganan penyakit mata. Pemeriksaan mata secara rutin juga sebagai bentuk pencegahan terjadinya gangguan kesehatan mata karena kondisi penglihatan yang terganggu dapat mempengaruhi kualitas hidup manusia.

“Semoga peringatan Hari Penglihatan Sedunia ini dapat menginspirasi bagi semua pihak dalam aksi nyata dan perubahan positif di bidang kesehatan mata,” ucap Edi.

Pelepasan balon menandai peringatan Hari Penglihatan Sedunia 2023 di Ayani Megamal. (Foto: Prokopim Pontianak)
Pelepasan balon menandai peringatan Hari Penglihatan Sedunia 2023 di Ayani Megamal. (Foto: Prokopim Pontianak)

Menurutnya, peringatan Hari Penglihatan Sedunia ini, mengingatkan kepada setiap orang pentingnya pemeriksaan mata rutin. Masyarakat diingatkan bahwa masalah penglihatan bisa muncul tanpa gejala yang nyata, sehingga pemeriksaan mata berkala sangatlah penting untuk mendeteksi dan mengobati masalah sejak dini.

Baca Juga :  Komitmen Tingkatkan Kualitas Kesehatan, Edi: Pemkot Targetkan Akhir 2018 Semua Puskesmas Terakreditasi

“Pemeriksaan mata bukan hanya penting bagi orang yang sudah memiliki masalah penglihatan, tetapi juga untuk semua orang sebagai langkah preventif,” ujar Edi.

Ketua Gapopin Kalbar, Primansyah menerangkan, pada Hari Penglihatan Sedunia tahun ini, pihaknya menggelar pemeriksaan mata dan membagikan 500 kacamata gratis untuk masyarakat yang hadir.

Dia ingin masyarakat lebih peduli terhadap kesehatan mata karena masih ada yang abai dengan kesehatan mata sendiri.

“Oleh sebab itu melalui peringatan Hari Penglihatan Sedunia ini, kami mensosialisasikan bahwa pemeriksaan mata secara rutin itu penting dilakukan sejak dini,” terangnya.

Gapopin Kalbar menggelar pemeriksaan mata gratis dalam rangka peringatan Hari Penglihatan Sedunia 2023. (Foto: Prokopim Pontianak)
Gapopin Kalbar menggelar pemeriksaan mata gratis dalam rangka peringatan Hari Penglihatan Sedunia 2023. (Foto: Prokopim Pontianak)

Meski pihaknya sudah lama menggelar pemeriksaan mata secara rutin di pemukiman warga, tempat usaha, sekolah-sekolah, perkantoran dan sebagainya, Gapopin ingin kedepannya banyak kegiatan sosial kemasyarakatan serupa yang digelar dalam rangka menjaga kesehatan mata.

Baca Juga :  Sukses Terapkan Pendidikan Karakter, SMPN 1 Raih Juara I LSS Nasional

Dengan jumlah anggota lebih dari 40 optik-optik berizin, Gapopin Kalbar terus mengedukasi masyarakat tentang pentingnya menjaga kesehatan mata masyarakat.

“Tujuannya memberikan edukasi kepada mereka supaya ketika mengalami gangguan pada mata, periksakan ke dokter spesialis mata atau optik-optik yang berizin dari instansi terkait,” tuturnya.

Selain pemeriksaan mata gratis, Hari Penglihatan Sedunia ini juga diperingati secara serempak di 16 provinsi se-Indonesia melalui zoom meeting dengan Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin pada pukul 08.00 WIB.

“Pada hari ini juga kita bersama-sama Gapopin ikut mendeklarasikan kesehatan mata se-Indonesia,”tukasnya. (Indri)

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Comment