Windy Sambangi Posyandu di Sintang Berikan Edukasi Gizi Cegah Stunting

KalbarOnline, Sintang, – Pembina Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar), Windy Prihastari terus menggencarkan upaya turun langsung ke lapangan. Terutama dalam memberikan edukasi gizi yang menyasar ibu hamil, ibu bayi dan balita.

Kegiatan yang dilakukan sebagai upaya untuk mencegah stunting di Provinsi Kalbar itu juga dilakukan Windy di Posyandu Teratai 1, Kelurahan Ladang, Kecamatan Sintang, Kabupaten Sintang, pada Jumat (13/10/2023).

Windy turun langsung di tengah ibu-ibu untuk memberikan penyuluhan gizi, melakukan demo masak gizi seimbang dan pemberian makanan tambahan. Dengan seksama dirinya mengingatkan ibu-ibu untuk memperhatikan akan pentingnya pemenuhan gizi bagi anak-anak.

“Kita langsung memberikan contoh dengan demo memasak gizi seimbang bagi ibu-ibu, agar gizi anak-anak mereka bisa tercukupi,” kata Windy.

Dalam kunjungan ke posyandu tersebut, ibu-ibu juga diberikan berbagai pemahaman terutama terkait Makanan Pendamping ASI (MPASI). Dengan pengetahuan yang disampaikan oleh dokter gizi dalam kunjungan tersebut, maka ibu-ibu diharapkan mendapatkan informasi yang baik.

Baca Juga :  Pendidikan dan Agama Jadi Landasan Peningkatan Kualitas SDM

Terutama terkait pentingnya memberikan makanan yang mengandung protein diberikan kepada anak. Hal tersebut menurut Windy harus menjadi perhatian ibu-ibu terutama yang memiliki balita. Agar mereka bisa memastikan pemenuhan gizi seimbang anak-anaknya.

“Protein itu sangat penting untuk kita berikan kepada anak-anak kita, agar gizi mereka tercukupi,” ungkapnya.

Windy berharap, dengan upaya turun langsung menyambangi ibu-ibu tersebut, maka pengetahuan mereka akan bertambah. Dengan pengetahuan yang bertambah, maka ibu-ibu akan bisa memperhatikan pemenuhan gizi seimbang. Sehingga dengan demikian maka angka stunting di Provinsi Kalbar akan semakin bisa ditekan.

“Dengan memastikan anak-anak mendapatkan gizi seimbang maka stunting kita harapkan bisa dicegah,” jelas Windy.

Sementara itu, Kepala Perwakilan (Kaper) Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Kalbar, Pintauli Romangasi Siregar mengapresiasi upaya Pembina Posyandu Provinsi Kalbar, Windy Prihastari dengan turun langsung memberikan edukasi gizi ibu hamil, ibu bayi dan balita.

Baca Juga :  Pemprov Kalbar Gelar FGD Penyusunan Rancangan Awal RPJPD 2025 - 2045

Terlebih dalam agenda tersebut, Windy Prihastari langsung memberikan demo memasak makanan dengan gizi seimbang bersama dokter spesialis. Ia berharap, ilmu tersebut bisa diimplementasikan oleh ibu-ibu untuk memastikan pemenuhan gizi seimbang bagi anak mereka.

“Kami sangat mengapresiasi upaya Pembina Posyandu Kalbar Ibu Windy Prihastari yang turun langsung ke posyandu memberikan edukasi gizi,” kata Pintauli.

Dirinya menyebut, dalam upaya percepatan penurunan stunting di Provinsi Kalbar memang memerlukan keterlibatan semua pihak. Termasuk gerakan dari posyandu sangat memiliki peran penting. Utamanya untuk meningkatkan pengetahuan para ibu-ibu akan pentingnya pemenuhan gizi seimbang.

“Dengan upaya bersama ini kita harapkan stunting Kalbar akan semakin bisa kita tekan,” tutup Pintauli. (Jau)

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Comment