by

3 Bahan Pelancar ASI Alami Terbukti Manjur Oleh Para Ahli

Pemberian ASI sangat penting untuk memenuhi gizi si Kecil. Pemberian asupan yang berkualitas di usia emas (Golden Age), yang juga merupakan 1.000 hari pertama setelah kelahiran, sangat krusial untuk pertumbuhan dan perkembangan si Kecil di masa depan. Inilah mengapa pemberian ASI sangat penting.

Namun, Mums tidak hanya perlu memastikan produksi ASI mencukupi, tetapi juga memperhatikan kualitasnya. Nah, ada banyak bahan pelancar alami untuk ASI dalam bentuk herbal yang mendukung produksi dan meningkatkan kualitas ASI.

Menurut ahli, ada tiga bahan pelancar ASI alami terbaik asal Indonesia yang sangat baik untuk memperbanyak ASI, yakni daun torbangun, daun katuk, dan ikan gabus. Berikut penjelasan lengkapnya!

Baca juga: Pekan ASI Sedunia, Saatnya Kembali Mengingat Pentingnya Pemberian ASI Eksklusif

3 Bahan Alami untuk Memperbanyak ASI

Ketiga bahan alami yang dipercaya bisa memperbanyak ASI di antaranya daun torbangun, daun katuk, dan ikan gabus. Hal tersebut dikatakan oleh Konselor ASI, dr. Ameetha Drupadi, di acara live streaming ‘Mamsi, Kartini-ku di Rumah Aja’, pada Selasa 21 April 2020. Ketiga bahan alami tersebut terbukti secara ilmiah dapat meningkatkan produksi ASI.

Daun torbangun memiliki kandungan steroid dan polifenol. Kedua kandungan tersebut dapat meningkatkan kadar prolaktin. Prolaktin adalah hormon yang meningkatkan kerja sel-sel produksi ASI.

“Daun torbangun juga tinggi akan kadar zink, zat besi, kalium, dan magnesium, sehingga mampu meningkatkan berat badan bayi,” jelas dr. Ameetha Drupadi.

Sebuah penelitian pada 2006 yang melibatkan 63 ibu menyusui menunjukkan khasiat daun torbangun dalam memperbanyak ASI. Dari 64 ibu menyusui tersebut, 23 di antaranya mengonsumsi sup daun torbangun, 22 ibu lainnya mengonsumsi kapsul biji fenugreek, dan sisanya mengonsumsi vitamin B12.

Setelah dua minggu, ditemukan bahwa ibu menyusui yang mengonsumsi daun torbangun mengalami peningkatan produksi ASI sebanyak 65%. Sementara masing-masing ibu menyusui yang mengonsumsi kapsul biji fenugreek dan vitamin B12 hanya mengalami peningkatan produksi ASI sebanyak 20% dan 10%.

Begitu pula dengan daun katuk yang juga terbukti bisa meningkatkan produksi ASI. Menurut penelitian, daun katuk kaya akan kandungan senyawa laktagogum (lactagogue) yang bisa meningkatkan produksi ASI. Selain itu, daun katuk kaya akan protein, kalsium, dan zat besi.

Dan ternyata, ikan gabus juga termasuk bahan alami untuk memperbanyak ASI lho, Mums! Ikan gabus dikenal dengan kandungan striatinnya. Striatin memiliki efek meningkatkan hormon prolaktin dan oksitosin, sehingga bisa memperbanyak produksi ASI. Selain itu, ikan gabus juga berkhasiat meningkatkan kekentalan ASI, sehingga membuat si Kecil lebih kenyang.

Baca juga: Jangan Lakukan Kebiasan Ini Jika Tak Ingin Produksi ASI Berkurang!

Konsumsi Herba ASIMOR untuk Meningkatkan Produksi ASI

Herba Asimor - GueSehat

Ketiga bahan alami untuk memperbanyak ASI seperti yang disebutkan di atas sangat direkomendasikan oleh ahli untuk dikonsumsi ibu menyusui. Namun, terkadang cukup sulit untuk menemukan ketiga bahan alami di atas dan mengonsumsinya secara rutin.

Nah, untuk mengatasi hal tersebut, Mums bisa mengonsumsi Herba ASIMOR. Produk ASI Booster ini mengandung ketiga bahan alami di atas, yaitu daun torbangun, daun katuk, dan ikan gabus.

Kombinasi ketiga bahan pelancar ASI alami tersebut akan meningkatkan produksi dan kualitas ASI secara signifikan. Kombinasi antara daun katuk dan daun torbangun khususnya menghasilkan senyawa yang disebut glatonol. Glatonol terbukti memiliki efek merangsang produksi ASI.

Jika glatonol dikombinasikan dengan striatin yang ada di dalam ikan gabus, maka efeknya akan sangat signifikan dalam memperbanyak produksi dan meningkatkan kualitas ASI.

Jadi, hanya dengan mengonsumsi satu kaplet Herba ASIMOR sebanyak dua kali sehari, Mums sama saja mengonsumsi ketiga bahan alami tersebut. Produksi ASI pun akan meningkat secara signifikan. Sangat praktis kan, Mums?

Tunggu apalagi, Mums? Yuk, segera beli dan konsumsi Herba ASIMOR guna memastikan kualitas dan produksi ASI untuk si Kecil mencukupi kebutuhannya. Hal ini demi kebaikan dan kesehatan si Kecil di masa depan. (UH/AS)

Baca juga: ASI Tetap Bisa Diberikan Meski Mengalami 6 Masalah Ini

Sumber:

Product Knowledge Herba ASIMOR.

Plant Medicines. Herbs Prove to Boost Breast Milk Production. Februari 2018.

Comment

Terbaru