Windy Prihastari Kenalkan Busana Berbahan Kain Ikat Tenun Sintang di Pameran Kriya Nusantara

KalbarOnline, Pontianak – Penjabat (Pj) Ketua Dekranasda Provinsi Kalimantan Barat, Windy Prihastari menghadiri acara Pameran kerajinan nusantara yang digelar di Jakarta Convention Center, pada Rabu 13 September 2022 sampai dengan Minggu 17 September 2023.

Kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Istri Presiden Joko Widodo, Iriana. Turut hadir pula istri Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin, Wury Ma’ruf Amin, dan sejumlah istri Menteri serta para istri gubernur se-Indonesia.

Acara yang diselenggarakan oleh dekranas bersama kementerian kominfo ini mengangkat tema “Kriya Unggul, Indonesia Maju”. Pada acara ini digelar pula pameran dengan beragam produk lokal, fashion show para istri gubernur.

Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat sendiri memboyong langsung hasil karya unggulan dari perajin lokal Provinsi Kalbar yang ditampilkan dalam pameran Kriya Nusantara tersebut.

Windy Prihastari istri dari Pj Gubernur Kalbar mendapatkan kesempatan untuk ikut mempromosikan wastra khas Kalbar dalam acara Kriya Nusantara, diantaranya yang dipromosikan yakni kain tenun ikat khas Kabupaten Sintang, Provinsi Kalbar.

Dalam acara Kriya Nusantara ini, para istri gubernur ikut dalam fashion show untuk memperkenalkan dan mempromosikan langsung wastra dari masing-masing daerah.

Baca Juga :  Harisson dan Windy Kunker ke Bengkayang dan Sambas, Ini Agendanya

Dihadapan Iriana Jokowi, Wury Ma’ruf Amin, dan sejumlah istri menteri yang hadir. Windy Prihastari tampak  mengenakan busana dengan bahan kain tenun ikat khas Kabupaten Sintang yang cantik dan elegan.

Busana dengan bahan tenun ikat khas Sintang tersebut, merupakan hasil sentuhan karya dari salah satu desainer Kalbar, yang menjadikan busana dengan bahan tenun ikat khas Sintang itu menjadi begitu indah dan elegan.

“Dalam fashion show tadi, saya mengenakan setelan busana dengan bahan tenun ikat khas Sintang. Dengan tambahan aksesoris dan tas kombinasi rajutan, anyaman bemban dan songket Sambas,” ujar Windy.

Windy mengatakan, lewat fashion show di acara Kriya Nusantara tersebut, menjadi wadah promosi bagi Kalbar untuk mengenalkan wastra dari Provinsi Kalbar.

“Jadi fashion show ini diikuti semua ibu gubernur untuk mempromosikan wastra masing-masing daerah,”ucap Windy.

Hal membanggakan lainnya, perajin asal Kabupaten Melawi Provinsi Kalbar yakni Ena berhasil mendapatkan Penghargaan dari dekranas dalam ajang “Dekranas Award 2023″. Di mana produk khas dari Provinsi Kalbar “Tiker Singgang” berhasil meraih Karya Kriya Terbaik Indonesia I, Kategori Serat Alam, mengalahkan 387 peserta se Indonesia.

Baca Juga :  Cegah Klaster Covid-19 Libur Nataru dengan Tekan Mobilitas Masyarakat

Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Iriana Jokowi kepada Windy Prihastari selaku Pj Ketua Dekranasda Provinsi Kalbar.

Alhamdulillah ini sesuatu yang membanggakan. Dari 387 peserta se Indonesia, produk asal Kalbar yakni Tiker Senggang Kabupaten Melawi berhasil meraih Karya Kriya Terbaik Indonesia I, Kategori Serat Alam,” ujarnya.

Windy menyampaikan, bahwa ini menunjukan bahwa produk asal Provinsi Kalbar mampu bersaing dengan produk dari berbagai Provinsi lainnya di Indonesia, bahkan mancanegara.

“Saya harap akan banyak lagi produk hasil dari perajin Kalbar yang dikenal dan diminati oleh masyarakat luas, bahkan bisa go internasional,” harap Windy.

Acara ini juga dimeriahkan oleh pertunjukan tari tradisional Betawi, serta penyanyi Andien. Selain itu, digelar juga talkshow membahas perizinan usaha UMKM bersama Kementerian BKPM, dan terkait hilirisasi produk UMKM bersama Kementerian Koperasi dan UKM. (Jau)

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Comment