Tiker Senggang Kalbar Raih Penghargaan Kriya Terbaik Pertama Nasional

KalbarOnline, Jakarta – Produk tiker senggang asal Provinsi Kalimantan Barat berhasil meraih penghargaan dekranas dalam pameran Kriyanusa Tahun 2023 untuk kategori serat alam terbaik pertama Indonesia.

Penghargaan itu diserahkan langsung oleh ibu negara sekaligus Pembina Dekranas, Iriana Jokowi dengan didampingi Ketua Umum Dekranas, Wury Ma’ruf Amin kepada Penjabat (Pj) Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Kalbar, Windy Prihastari Harisson, di Jakarta Convention Center (JCC), Rabu (13/09/2023).

Windy menyampaikan, bahwa produk tiker senggang ini merupakan buah dari perajin bernama Ena dari Kabupaten Melawi yang diikutkan di Kalbar Award.

“Bayangkan dari 387 peserta se-Indonesia di Kalbar Award dan Kalbar mendapatkan juara 1 Kriya terbaik se-Indonesia dalam kategori serat alam yaitu tikar senggang. Tadinya hanya 8 penghargaan yang diberikan langsung oleh Ibu Iriana,” katanya.

Seperti diketahui, pameran kerajinan nusantara ini digelar pada tanggal 13 – 17 September 2023. Kegiatan yang diselenggarakan oleh dewan kerajinan nasional (dekranas) bersama dengan Kementerian Kominfo RI ini mengangkat tema “Kriya Unggul, Indonesia Maju”.

Baca Juga :  Pasangan Ganjar-Mahfud Absen di Rapat Pleno Penetapan Prabowo-Gibran Sebagai Presiden dan Wapres Pemenang Pemilu 2024

Pameran ini dimeriahkan dengan beragam produk lokal, pertunjukan tari tradisional betawi, pertunjukan penyanyi Andien serta penghargaan dari Dekranas Award.

Tak hanya itu, kegiatan ini juga menampilkan fashion show yang diikuti semua ketua dekranasda provinsi guna mempromosikan wastra dari masing-masing daerahnya.

Pameran Kriyanusa 2023. (Foto: Biro Adpim For KalbarOnline.com)
Pameran Kriyanusa 2023. (Foto: Biro Adpim For KalbarOnline.com)

Dalam kegiatan fashion show tersebut, Pj Ketua Dekranasda Kalbar tampil mengenakan tenun ikat sintang.

“Seperti yang pada hari ini saya pakai, ini adalah salah satu dari tenun khas Kalbar yang berasal dari Sintang, dengan pewarna alami dan dengan sentuhan desain dari desainer putra/putri Kalbar,” tutur Windy.

“Kita bisa melihat tadi saya membawa tas anyaman yang itu merupakan perpaduan dari anyaman rotan dan juga dari Songket Sambas. Kemudian sepatunya juga dibalut dengan tenun yang senada dengan baju,” sambungnya.

Baca Juga :  Obat Covid-19 Racikan Holding BUMN Farmasi Siap Digunakan

Windy juga menceritakan bahwa pakaian khas Kalbar yang dipakainya itu telah membuat pukau para undangan yang hadir. Ini menjadi kebanggaan untuk masyarakat Kalbar.

“Begitu antusias tadi ibu-ibu melihat pakaian yang saya gunakan ini karena unik ya. Wastra Kalbar dari segi desain dan dari segi motif itu sangat unik sekali dan mereka banyak bertanya dengan saya,” ujarnya.

“Nah, kemarin pada waktu diberi kesempatan menyampaikan juga kepada Ibu Wapres, saya sudah memperkenalkan bahwa Kalbar itu mempunyai prestasi dengan 2 penghargaan pada tahun 2022 terkait tenun sidan yaitu yang pertama, Best Prize In Category Textiles dan yang kedua, Best Of The Best Inacraft Award 2022,” terang Windy.

Usai mengikuti Pameran Kerajinan Nusantara, Windy Prihastari mengunjungi stand pameran dari Dekranasda Provinsi Kalbar dan Dekranasda Kabupaten Bengkayang. (Jau)

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Comment