Popnas Hari Pertama, Kalbar Raih Dua Emas di Cabor Renang

KalbarOnline, Palembang – Dua atlet renang pelajar asal Kalimantan Barat (Kalbar) berhasil menyumbangkan dua medali emas di hari pertama Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) XVI Sumatera Selatan (Sumsel) 2023.

Medali emas pertama diraih Elsa Anasyia (17 tahun) pada kategori 200 meter gaya punggung putri (backstroke women), dan medali kedua diraih Gusti Ayu Made Nadya Saraswati (17 tahun) pada kategori 400 meter gaya bebas putri (individual medley).

Dalam pertandingan yang diadakan di Jakabaring Aquatic Center, Senin (28/08/2023) sore itu, Elsa Anasyia yang memulai start di lintasan nomor 5, berhasil mencatatkan waktu tercepat. Sementara Gusti Ayu Made Nadya Saraswati tampil di lintasan 3, juga berhasil mengungguli seluruh peserta dari provinsi lain.

Kedua atlet dari Pontianak Swimming Club ini merupakan pelajar Sekolah Menengah Atas (SMA) Pak Kasih Sidas, Kabupaten Landak.

Usai menerima medali emas pertama di Popnas 2023, Elsa Anasyia menyampaikan rasa syukur atas apa yang telah diraihnya. Elsa yang sudah bergabung dengan Pontianak Swimming Club selama delapan tahun itu berharap dapat mempertahankan prestasi yang telah diraih dan menambah medali emas pada pertandingan di kategori lainnya.

Baca Juga :  ASN/PNS Nekat Liburan Selama Imlek Terancam Sanksi Penurunan Pangkat

“Kalau harapan saya semoga bisa bertahan terus (prestasi), meningkatkan lagi untuk PON (Pekan Olahraga Nasional) tahun depan, jadi yang terbaik dari versi sebelumnya,” harapnya.

Elsa mengatakan, pembinaan terhadap atlet renang Kalbar sejauh ini sudah cukup baik. Hanya saja ia merasa ke depan perlu ada fasilitas kolam renang khusus untuk para atlet berlatih. Terutama di tempat latihan renangnya selama ini di Kota Pontianak.

“Karena selama ini kami latihan, masih bercampur dengan pengunjung (di kolam renang umum),” ungkapnya.

Di tempat yang sama, Pelatih Pontianak Swimming Club, Juanda (42 tahun) menjelaskan, untuk popnas kali ini, Elsa Anasyia akan berlomba di lima kategori. Selain kategori 200 meter gaya punggung yang telah meraih emas, juga ada 400 meter gaya bebas, 800 meter gaya bebas, 50 meter gaya punggung dan 100 meter gaya punggung.

Baca Juga :  Lola Taylor Siap Puaskan Ilmuwan yang Temukan Vaksin Corona

“Kalau peluang emas masih bisa diraih di 50 meter gaya punggung, 100 meter gaya punggung, dan 800 meter gaya bebas. Kalau yang 400 meter gaya bebas bisa perak atau minimal perunggu,” harapnya.

Sedangkan untuk Gusti Ayu Made Nadya Saraswati, Juanda mengatakan, bakal bertanding di enam kategori. Selain 400 meter gaya bebas yang telah meraih emas, juga 400 meter gaya ganti, 200 meter gaya ganti, 200 meter gaya dada, 50 meter gaya kupu dan 100 meter gaya kupu.

“Kalau Gusti Ayu Made target kami semuanya bisa meraih emas,” ucapnya optimis.

Selain dua atlet putri tersebut, menurut Juanda, Kalbar juga menurunkan satu atlet putra atas nama Andi Rafli Siduppa (17 tahun). Dari ketiga atlet tersebut, pihaknya menargetkan minimal bisa mengumpulkan lima medali emas.

Insya Allah bisa lebih. Kalau dua emas yang didapat hari ini (kemarin) sudah sesuai target lah,” pungkasnya. (Jau)

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Comment