Kenakan Seragam Baru, Imigrasi dan Lapas Ketapang Peringati HDKD Kemenkumham Ke-78 

KalbarOnline, Ketapang – Pegawai Kantor Imigrasi (Kanim) bersama dengan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Ketapang melaksanakan Upacara Peringatan Hari Dharma Karya Dhika ke 78 di Lapas Ketapang, Senin (21/08/2023).

Ada yang berbeda dalam pelaksanaan upacara kali ini, di mana seluruh pejabat struktural dan jajaran pegawai menggunakan seragam dinas baru sesuai Permenkumham Nomor 9 Tahun 2023.

Upacara yang dimulai sejak pukul 07.30 WIB ini diikuti oleh seluruh jajaran pejabat struktural dan pegawai kantor Imigrasi dan Lembaga Pemasyarakatan Ketapang. Bertindak sebagai inspektur upacara, Kepala Lapas Ketapang, Ali Imran didampingi oleh Kepala Kantor Imigrasi Ketapang, Catur Adi Putra.

Dalam amanat Menteri Hukum dan HAM yang dibacakan Ali Imran, dijelaskan bahwa peringatan HUT Kemenkumham ke 78 yang mengusung tema ”Kemenkumham Semakin Berkualitas Untuk Indonesia Maju” itu, diharapkan dapat menjadi sebuah penyemangat seluruh insan pengayoman dalam memberikan pengabdian terbaik dan berkualitas kepada bangsa dan negara dari waktu ke waktu.

Baca Juga :  Bupati dan Jajaran Hadiri Perpisahan Camat Muara Pawan

”Dapat dimaknai sebagai upaya merefleksikan semangat kita, segenap Insan Pengayoman di seluruh Indonesia dalam memberikan pengabdian terbaik dari waktu ke waktu, yang diharapkan juga semakin berkualitas,” ucap Ali Imran.

Dirinya menyampaikan, beberapa capaian kinerja yang telah berhasil diraih oleh Kemenkumham, diantaranya peringkat 1 penerapan Norma, Standar, Prosedur dan Kriteria (NSPK), peringkat 2 kinerja terbaik dalam pengelolaan anggaran. Selain itu, Kemenkumham juga mampu mempertahankan Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) 14 kali secara berturut-turut.

“Kita telah berhasil meraih peringkat pertama implementasi norma, standar, prosedur dan kriteria. Ini menegaskan bahwa kita semua profesional dalam bekerja. Kita juga telah berhasil meraih kinerja terbaik dalam pengelolaan anggaran, nomor 2 dari total 84 kementerian/lembaga serta mampu mempertahankan Opini Wajar Tanpa Pengecualian pada 04 Agustus 2023 lalu,” paparnya.

Baca Juga :  Giliran Lapas Ketapang Gagalkan Upaya Penyelundupan Sabu ke Dalam Lapas

Sementara itu, terkait dengan pergantian seragam, Kepala Kantor Imigrasi Ketapang Catur Adi Putra menyebut, maka seragam biru yang telah menjadi identitas Kemenkumham selama 11 tahun kini berubah warna menjadi abu-abu.

“Dengan seragam baru ini saya berharap kita semua mendapatkan semangat baru, cara baru dalam berpikir dan bertindak yang bertujuan untuk menciptakan perubahan ke arah yang lebih baik pada Kementerian Hukum dan HAM,” tutupnya, (Adi LC)

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Comment