Wagub Kalbar Minta Jemaah Haji Tak Segan Bertanya ke Petugas PPIH

KalbarOnline, Pontianak – Wakil Gubernur Kalbar, Ria Norsan meminta seluruh Calon Jemaah Haji (CJH) asal Kalbar tidak segan-segan untuk bertanya kepada para petugas Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) jika tidak mengetahui aturan atau tata pelaksanaan ibadah mulai dari keberangkatan hingga tiba di tanah suci.

Hal tersebut disampaikan Wagub Kalbar dalam acara pelepasan kelompok terbang (kloter) 30 CJH Provinsi Kalbar penerbangan kedua di Hotel Orchardz Perdana Pontianak, Senin (19/06/2023).

“Saya minta petugas haji maju ke depan, mohon para calon jemaah haji untuk mengingat wajah mereka (petugas-red) bila perlu di foto, jadi jangan malu bertanya apabila tidak tahu baik aturan, lupa tata pelaksanaan haji atau mau bertanya ke toilet. Mereka ini tugasnya untuk melayani Jemaah semuanya,” katanya.

Baca Juga :  Bulan Ini Komnas HAM Rilis Hasil Investigasi Tewasnya 6 Laskar FPI
Wagub Kalbar, Ria Norsan melepas keberangkatan kloter 30 CJH Provinsi Kalbar penerbangan kedua di Hotel Orchardz Perdana Pontianak, Senin (19/06/2023). (Foto: Biro Adpim For KalbarOnline.com)
Wagub Kalbar, Ria Norsan melepas keberangkatan kloter 30 CJH Provinsi Kalbar penerbangan kedua di Hotel Orchardz Perdana Pontianak, Senin (19/06/2023). (Foto: Biro Adpim For KalbarOnline.com)

Selain itu, mantan Bupati Mempawah ini mengimbau kepada seluruh CJH untuk memanfaatkan waktu sebaik mungkin dan banyak berdoa di tanah suci sehingga dapat melaksanakan ibadah dengan khusyuk.

“Jangan tersibukkan dengan belanja oleh-oleh, sampaikan kepada anak dan cucunya jangan titip oleh-oleh, titip doa. Yang di rumah mendoakan yang di tanah suci Mekkah, begitu juga sebaliknya, dan yang di tanah suci mendoakan keluarga yang ada di rumah supaya bisa juga (bisa) menunaikan ibadah haji. Ini sangat penting,” jelasnya.

Baca Juga :  Pemkot Pontianak Siapkan 36 Sekolah Inklusi

Di akhir sambutannya, Wagub Kalbar mengingatkan kembali kepada jemaah untuk tetap menjaga kesehatan dan fisik. Sebab kondisi cuaca di Mekkah dan Madinah bekisar 40 derajat celcius, sehingga dapat menguras tenaga para CJH asal Kalbar.

Untuk diketahui, pada kloter 30 penerbangan kedua ini terdiri dari CJH asal Kabupaten Kapuas Hulu dan Kabupaten Sekadau dengan jumlah 185 orang. Dalam kegiatan tersebut, Wagub Kalbar didampingi Sekretaris Daerah Kalbar, Asisten I Setda Provinsi Kalbar, Inspektur Provinsi Kalbar, Kepala Biro Kesejahteraan Masyarakat Setda Provinsi Kalbar dan perwakilan kedua kabupaten tersebut. (Jau)

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Comment