Gempa Magnitudo 3,1 Guncang Landak Kalbar

KalbarOnline, Pontianak – Wilayah Kabupaten Landak, Kalimantan Barat diguncang gempa bumi tektonik pada Selasa, 20 Juni 2023 pukul 01:55:44 WIB.

Hasil analisis BMKG menunjukkan bahwa gempa bumi ini memiliki parameter M=3.1. Episenter gempa bumi terletak pada koordinat 1.117 LU dan 109.39 BT, atau tepatnya berlokasi 30 Km Tenggara Sambas Kalimantan Barat pada kedalaman 10 Km.

Ketua Satgas Informasi Bencana BPBD Provinsi Kalbar, Daniel menerangkan gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi kerak dangkal akibat proses deformasi di batuan.

Baca Juga :  2 Hari Kalbar Diguyur Hujan, Kabut Asap Akibat Karhutla Perlahan Hilang

“Berdasarkan laporan masyarakat, gempa bumi ini dirasakan di Landak dengan getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu. Hingga saat ini tidak terdapat laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan gempa bumi tersebut,” terangnya, Selasa (20/06/2023).

Hingga saat ini, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan.

Daniel mengimbau kepada masyarakat di wilayah Landak, Kalimantan Barat dan sekitarnya agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Baca Juga :  Meski Dinyatakan Bebas, Aset Karen Tetap Disita Kejaksaan

“BPBD Kalbar telah melakukan koordinasi dengan BPBD Landak supaya melakukan koordinasi dengan pimpinan daerah maupun instansi terkait, memonitor perkembangan melalui media resmi, memonitor situasi dan kondisi di lapangan, serta para personil dan peralatan harus disiagakan,” tukasnya. (Indri)

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Comment