Dinkes dan KB Kayong Utara Siagakan 7 Posko Kesehatan di Jalur Mudik

KalbarOnline, Kayong Utara – Dinas Kesehatan dan Keluarga Berencana (Dinkes dan KB) Kabupaten Kayong Utara (KKU) menyiagakan sebanyak 7 titik posko dan 16 petugas medis di sepanjang jalur mudik lebaran Idul fitri 1444 H tahun ini.

Plt Kepala Dinkes dan KB KKU, Iwan Dwi Purnomo menuturkan, bahwa posko-posko itu didirikan atas inisiasi bersama dengan beberapa instansi terkait.

“Jadi seperti biasa, posko kesehatan itu nantinya akan didirikan bersama posko dari mitra kami lainnya seperti kepolisian, dishub dan instansi lainnya,” kata Iwan, Rabu (12/04/2023).

Baca Juga :  Lebaran Kedua, Sandiaga Uno Pamit Mundur dari Gerindra, Kenapa?

Ia menjelaskan, adapun 16 tenaga medis yang ikut disiagakan itu, diantaranya 4 orang di posko Pantai Pulau Datok, 2 orang di posko sekitar Tugu Durian, 2 orang di Pelabuhan Speed Sukadana, 2 orang di Pelabuhan Speed Teluk Melano, 2 orang di wilayah Siduk, 2 orang di Pelabuhan Teluk Batang dan 2 orang di wilayah Seponti.

Salah satu lokasi posko kesehatan di KKU. (Foto: Santo)
Salah satu lokasi posko kesehatan di KKU. (Foto: Santo)

Tak hanya itu, lanjut Iwan, Dinkes dan KB KKU juga mempersiapkan rujukan dan juga fasilitas mobil ambulance jika terjadi permasalahan darurat.

“Jadi jika ada masalah kedaruratan atau kecelakaan maka rujukannya sudah siap serta fasilitas mobil ambulance di puskesmas kesehatan yang ada,” tukasnya.

Baca Juga :  Harisson Ajak Gen Z Tak Cuek dengan Pemilu

Lebih lanjut, Iwan juga menegaskan kepada seluruh tenaga kesehatan (nakes) agar menjalankan tugasnya dengan sebaik mungkin. Sebab nakes juga seperti guru–pahlawan tanpa tanda jasa bertugas 24 jam. Untuk itu, ia juga mengimbau untuk para pemudik agar selalu memperhatikan kesehatan dan keselamatan dalam berkendara.

“Dan yang penting jaga kesehatan diri dan patuhi jadwal. Jangan mangkir karena akan ada monitoring dan pemantauan langsung ke lapangan,” pungkasnya. (Santo)

Comment