Rayakan HUT PDIP dan Megawati, Kader Banteng Hijaukan Taman Teratai Mempawah

KalbarOnline, Mempawah – Keluarga besar PDI Perjuangan Kalimantan Barat melakukan penghijauan dalam rangka Gerakan Nasional Penanaman Pohon, pada Sabtu (28/01/2023) pagi. Bersama Wakil Bupati Mempawah, Forkopimda Mempawah dan masyarakat umum, para kader banteng (sebutan bagi kader PDI Perjuangan) menghijaukan Taman Teratai Kabupaten Mempawah.

Gerakan penanaman ini dipimpin Bendahara DPD PDI Perjuangan Kalbar, Sujiwo.

Dijumpai wartawan seusai menanam bibit pohon kuncup merah, Wakil Bupati Kubu Raya itu menjelaskan, bahwa gerakan tersebut merupakan rangkaian dari peringatan HUT ke-50 PDI Perjuangan dan HUT ke-76 Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri.

“Penghijauan hari ini adalah bagian dari rangkaian HUT emas PDI Perjuangan dan jadi persembahan dari kami untuk Ibu Ketua Umum yang berulang ke-76 pada tanggal 23 Januari kemarin,” katannya.

Bendahara DPD PDI Perjuangan Kalbar, Sujiwo menanam bibit pohon kuncup merah di Taman Teratai Kabuaten Mempawah, Sabtu (28/01/2023) pagi. (Foto: Jauhari)
Bendahara DPD PDI Perjuangan Kalbar, Sujiwo menanam bibit pohon kuncup merah di Taman Teratai Kabupaten Mempawah, Sabtu (28/01/2023) pagi. (Foto: Jauhari)

“Seperti kita ketahui bersama, Ibu Ketua Umum adalah sosok yang sangat mencintai lingkungan, sehingga kami mendedikasikan gerakan hari ini sebagai kado terindah untuk beliau,” tutur Sujiwo menambahkan.

Gerakan penghijauan ini, lanjut Sujiwo, tidak hanya dilakukan di Kabupaten Mempawah saja, tetapi juga di enam kabupaten/kota lainnya di Kalimantan Barat.

Baca Juga :  Muda-Jiwo Komitmen Bangun Kubu Raya Jauh Lebih Baik, Air Bersih Hingga Validasi Data Jadi Atensi

Dirinya menambahkan, bahwa selain penghijauan, dalam rangka merayakan HUT ke-50 dan HUT ke-76 Megawati Soekarnoputri, PDI Perjuangan Kalbar juga mengadakan sejumlah kegiatan lainnya, seperti santunan untuk anak-anak kurang beruntung, pembagian paket sembako kepada warga kurang mampu, dan gerakan bebas stunting dengan memberikan makanan sehat untuk ibu-ibu hamil dan anak-anak.

Bendahara DPD PDI Perjuangan Kalbar, Sujiwo menyerahkan bantuan paket sembako kepada warga di sela-sela melakukan penghijauan di Taman Teratai Kabuaten Mempawah. (Foto: Jauhari)
Bendahara DPD PDI Perjuangan Kalbar, Sujiwo menyerahkan bantuan paket sembako kepada warga di sela-sela melakukan penghijauan di Taman Teratai Kabupaten Mempawah. (Foto: Jauhari)

Di tempat yang sama, Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Mempawah, MV Febrianto menyebut, kalau gerakan penghijauan ini diadakan dengan melibatkan ratusan warga Kabupaten Mempawah. Anggota DPRD Mempawah itu menaruh harapan, melalui gerakan ini, dapat memacu semua pihak untuk lebih sadar akan pentingnya pelestarian lingkungan.

“Mudah-mudahan gerakan kita hari ini mampu mendorong semua pihak untuk peduli akan kelestarian lingkungan, terutama lingkungan pesisir pantai, dan daerah aliran sungai Kabupaten Mempawah. Kami juga berharap PDI Perjuangan dapat memberi warna tersendiri bagi kemajuan Mempawah,” katanya.

Sementara itu, Wakil Bupati Mempawah, Muhammad Pagi memberikan apresiasi kepada PDI Perjuangan atas gerakan penghijauan ini. Di kesempatan yang sama, Muhammad Pagi turut menyampaikan kebanggaannya kepada Wakil Ketua DPD PDI Perjuangan Kalbar, Cornelis Kimha yang dinilainya telah berjasa bagi kemajuan Kabupaten Mempawah.

Baca Juga :  Hadiri Natal di PGID, Wabup Sujiwo : Lawan Prilaku Intoleransi

“Pertama saya atas nama Pemerintah Kabupaten Mempawah menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada PDI Perjuangan atas penanaman pohon yang hari ini dilakukan. Nah, hari ini saya sangat berbangga karena dapat bersilaturahmi dengan tokoh-tokoh yang pernah berjasa membangun Kabupaten Mempawah,” katanya.

Gerakan penghijauan di Taman Teratai Kabupaten Mempawah oleh PDI Perjuangan Kalbar turut dihadiri oleh Wakil Bupati Mempawah, Muhammad Pagi (baju putih). (Foto: Jauhari)
Gerakan penghijauan di Taman Teratai Kabupaten Mempawah oleh PDI Perjuangan Kalbar turut dihadiri oleh Wakil Bupati Mempawah, Muhammad Pagi (baju putih). (Foto: Jauhari)

“Ada Bapak Rubijanto, Pak Ali Bakar, dan yang paling spesial ini adalah Pak Kimha. Saya ini pernah jadi stafnya ketika dulu beliau (Kimha) jadi Bupati Mempawah (dulu masih bernama Kabupaten Pontianak),” pungkasnya.

Sebelumnya, gerakan penghijauan oleh keluarga besar PDI Perjuangan Kalimantan Barat ini diawali dengan senam bersama dan dirangkaikan dengan pembagian paket sembako kepada warga kurang mampu serta melakukan pembersihan Daerah Aliran Sungai (DAS).

Selain dihadiri Wakil Bupati Muhammad Pagi, penanaman pohon turut diikuti oleh Ketua DPRD Mempawah, Ria Mulyadi dan para pejabat Forkopimda Kabupaten Mempawah. (Jau)

Comment